Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana (UMB)

Universitas Mercu Buana sebagai perguruan tinggi swasta di Indonesia menjalankan kewajiban Perguruan Tinggi, yakni Tridharma untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Seluruh civitas academica Universitas Mercu Buana wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma tersebut. Universitas Mercu Buana berdiri di bawah pembinaan Yayasan Menara Bhakti pada tahun 1985.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Kemristekdikti menaungi Universitas Mercu Buana. Kemudian Universitas Mercu Buana telah terakreditasi “A” atau Unggul oleh BAN-PT sejak bulan Desember 2016. Universitas Mercu Buana memiliki beberapa kampus yang tersebar di berbagai wilayah. Universitas yang berdiri sejak tahun 1985 ini memiliki kampus utama yang terletak di daerah Meruya, Jakarta Barat. Universitas Mercu Buana saat ini tengah berusaha memperoleh akreditasi internasional.

Memiliki pengalaman sebagai guru di Perguruan Taman Siswa, Pematang Siantar membuat pengusaha H. Probosutedjo mendirikan Akademi Wiraswasta Dewantara (AWD) pada tahun 1981. Akademi tersebut diresmikan oleh Adam Malik, Wakil Presiden RI pada saat itu. Mengembangkan model pendidikan untuk melahirkan pengusaha dan kader-kader pembangunan yang mandiri serta mampu menciptakan kesempatan kerja merupakan misi pendidikan akademi tersebut.

Penyelenggaraan perkuliahan AWD dilaksanakan di Gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia sebelum memiliki kampus sendiri. Yayasan Menara Bhakti membangun kampus bernama Menara Bhakti pada tahun 1984. Kampus Menara Bhakti merupakan cikal bakal berdirinya Universitas Mercu Buana. Satu tahun kemudian Yayasan Menara Bhakti melalui berbagai persiapan dan studi kelayakan Dalam rangka mengajukan permohonan izin untuk mendirikan lembaga pendidikan tingkat universitas yang diberi nama Universitas Mercu Buana. Tanggal 18 Juni 1985, Prof. Dr. Boesjra Zahir menandatangani izin operasional penyelenggaraan Universitas Mercu Buana berdasarkan surat nomor/ 15/ KOP.III/S.VI/85.

Berikut alamat kampus Mercu Buana yang tersebar di berbagai wilayah.

  1. Kampus A : Jl. Meruya Selatan, Kebon Jeruk – Jakarta Barat 11650
  2. Kampus B : Gedung Tedja Buana (Kedaung) Lantai 4, 5 dan 6, Jl. Menteng Raya No.29 – Jakarta Pusat
  3. Kampus C : Gd. LIA Depok, Jl. Margonda Raya No. 200, Depok – Jawa Barat
  4. Kampus D : Jl. Raya Keranggan No.6 Jatisampurna, Bekasi – Jawa Barat

Asas

Universitas Mercu Buana didirikan berasaskan pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan tujuan pendidikan untuk turut mencerdaskan kehidupan usaha pembangunan dalam mencapai kesejahteraan rakyat Indonesia.

Universitas Mercu Buana menyelenggarakan sistem studi yang lebih berorientasi pada pengembangan sikap profesional dengan menggunakan kurikulum dan silabis yang selaras dengan kebijakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi didukung dengan kegiatan penelitian dan praktik kerja nyata di berbagai perusahaan atau instansi pemerintah/swasta.

Tujuan Umum

Bertitik tolak dari tujuan diatas, penyelenggaraan program pendidikan diploma, sarjana, profesi, magister, dan doktoral Universitas Mercu Buana diarahkan untuk melahirkan lulusan yang mempunyai kualifikasi :

  • Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
  • Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
  • Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahlian dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah serta ilmu pengetahuan dan metodologi bidang keahliannya, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yangada dalam wawasan keahliannya.
  • Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan bidang keahliannya.

Tujuan Khusus

Program pendidikan yang diselenggarakan mempunyai tujuan melahirkan lulusan yang :

  • Mampu dan bersikap positif untuk secara mendiri mengembangkan ilmu yang telah dimilikinya dan menerapkannya secara bijaksana sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  • Memiliki kemampuan menalar, yakni menganalisa dan mensintesa persoalan sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Dapat bekerja dan diharapkan dapat membuka lapangan kerja dalam bidang perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengelolaan di bidang yang dipelajari berdasarkan konsep keilmuannya.
  • Mampu meningkatkan keterampilan di lapangan pekerjaan.
  • Mempunyai bekal cukup untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.

Visi Universitas Mercu Buana

“Menjadi Universitas Unggul dan Terkemuka di Indonesia untuk Menghasilkan Tenaga Profesional yang Memenuhi Kebutuhan Industri dan Masyarakat dalam Persaingan Global Pada tahun 2024”.

Misi Universitas Mercu Buana

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan mencapai keunggulan akademik untuk menghasilkan tenaga profesional dan lulusan yang memenuhi standar kualitas kerja yang disyaratkan.
  1. Menerapkan manajemen pendidikan tinggi yang efektif dan efisien, serta mengembangkan jaringan kerjasama dengan industri dan kemitraan yang berkelanjutan sebagai respon atas perubahan arus dan daya saing global.
  2. Mengembangkan kompetensi dan menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan dan etika profesional kepada para mahasiswa dan staf yang memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas hidup.

Budaya Kerja Universitas Mercu Buana

  • Jujur yaitu keselarasan antara perkataan dan tindakan sesuai ketentuan yang berlaku. Bagi dosen tidak melakukan plagiarisme serta bagi mahasiswa tidak mencontek saat ujian.
  • Disiplin yaitu kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan ketetapan yang berlaku. Bagi dosen dan mahasiswa berupa tidak terlambat melaksanakan perkuliahan.
  • Tanggungjawab berupa kesadaran dan kemauan untuk melakukan dan menanggung resiko dari pekerjaan. Bagi dosen melaksanakan tridharma terkait dengan kinerja dosen dan bagi mahasiswa mengumpulkan tugas tepat waktu.
  • Kreatif yaitu keyakinan dan kemauan terus menerus untuk meningkatkan kinerja. Bagi dosen dan mahasiswa selalu berupaya menemukan cara baru.
  • Kearifan lokal yaitu memasukkan budaya lokal di dalam menyelesaikan tugas, tanggungjawab, dan berkomunikasi. Bagi dosen dan mahasiswa berpakaian batik sesuai waktu ditentukan dan melakukan penelitian sesuai keunggulan lokalitas.
  • Ramah Lingkungan yaitu kesadaran dan peran serta menjaga lingkungan, meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari penggunaan energi. Bagi dosen dan mahasiswa berupa tertib membuang sampah, kampus hijau dan hemat listrik serta alat tulis kantor.

Akreditasi Universitas Mercu Buana : A

Secara institusi, Universitas Mercu Buana telah Terakreditasi “A” berdasarkan surat keputusan nomor 3001/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 dari BAN-PT.

Video Profil Universitas Mercu Buana

Profil Universitas Mercu Buana dapat disaksikan pada tautan berikut ini:

Fakultas dan Jurusan di Universitas Mercu Buana

Fakultas Teknik

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Desain dan Seni Kreatif

Fakultas Ilmu Komunikasi

Fakultas Psikologi

Fakultas Ilmu Komputer

Jurusan Favorit di Universitas Mercu Buana

Ilmu Komunikasi
Manajemen
Akuntansi

Fasilitas di Universitas Mercu Buana

Saat ini kampus Universitas Mercu Buana tersebar di empat area berbeda, yakni:

  1. Kampus Meruya di Jakarta Barat;
  2. Kampus Menteng di Jakarta Pusat;
  3. Kampus Jatisampurna di Bekasi; dan
  4. Kampus Warung Buncit di Jakarta Selatan

Ruang Kerja

Fasilitas ini dimaksudkan sebagai kantor untuk manajemen, seperti Rektor, Wakil Rektor, Direktur, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro / Pusat, Ketua dan Sekretaris Program Studi. Fasilitas ini terletak di gedung Rektorat dan Fakultas. Fasilitas ruang kerja dilengkapi dengan berbagai perlengkapan yang diperlukan.

Kantor Staf Pendukung

Kantor staf pendukung dibangun berdasarkan unit kerja di Universitas Mercu Buana. Kantor tersebut terdiri atas kantor Biro Sarana dan Prasarana, Biro Administrasi Keuangan, Biro Administrasi Pembelajaran, Perpustakaan, Biro Operasi Pembelajaran, Biro Bahan Ajar, E-Learning dan Mata Kuliah Ciri Universitas, Biro Pengembangan Sistem Informasi, Biro Operasional Teknik Informasi dan kantor administrasi untuk Fakultas/Program Studi.

Ruang Tunggu Dosen

Ruang tunggu dosen tersedia di setiap Fakultas dan di Biro Operasional Pembelajaran. Ruangan tersebut dipakai oleh dosen untuk istirahat sebelum dan sesudah mengajar. Ruangan ini juga kerap digunakan sebagai tempat berdiskusi dan berkonsultasi dengan mahasiswa.

Layanan Administrasi

Layanan administrasi untuk mahasiswa Unpar  berlokasi di kantor Biro Administrasi Keuangan, Biro Administrasi Pembelajaran, dan setiap Fakultas. Selain itu, khusus layanan perbankan berlokasi di kantor Bank BNI dan Bank Bukopin. Layanan perbankan Bank Bukopin juga dibuka pada hari Sabtu di Kampus Meruya.

Ruang Kelas

Ruang Kelas yang digunakan sebagai tempat perkulihaan dan laboratorium tersebar di berbagai kampus Universitas Mercu Buana.

Alat Bantu Pembelajaran

Universitas Mercu Buana berupaya mendukung kegiatan belajar mengajar dengan tersedianya ruang kelas yang dilengkapi dengan komputer, pengeras suara, proyektor LCD, papan tulis, AC dan koneksi Wi-Fi.

Pendukung Teknologi Informasi

Universitas Mercu Buana memiliki pusat kendali internet dan sistem informasi internet yang terhubung dengan seluruh unit kampus. Fasilitas ini hadir untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Laboratorium

Dalam rangka mengembangkan kualitas belajar-mengajar, Universitas Mercu Buana menyediakan laboratorium sesuai dengan kebutuhan bidang keilmuan masing-masing Program Studi. Laboratorium tersebar di berbagai fakultas dan kampus-kampus Universitas Mercu Buana.

Sewa Kos

Terdapat cukup banyak tempat kos di sekitar lokasi Universitas Mercu Buana. Mayoritas tempat kos menawarkan pembayaran per bulan, dengan biaya sewa paling murah Rp 500.000. Fasilitas yang ditawarkan dengan harga tersebut adalah kasur, lemari baju, dan kamar mandi luar dengan kloset jongkok saja.

Adapun biaya kos paling mahal di sekitar Universitas Mercu Buana adalah Rp 7.000.000 per bulan. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, yaitu kasur, kursi, lemari baju, meja, dispenser, kulkas, TV, kamar mandi dalam beserta shower, Wi-Fi, AC, dan meja makan.

Beasiswa Di Universitas Mercu Buana

Universitas Katolik Parahyangan menyediakan 2 pilihan beasiswa:

1. Beasiswa Prestasi Bakat Minat

Beasiswa ini memberikan potongan biaya kuliah semester 1 sebesar 50%-100%.

Beasiswa ini dapat diperoleh melalui jalur prestasi, seperti olahraga, keahlian bahasa asing, dan seni.

2. Beasiswa Unggulan

Beasiswa ini memberikan bantuan biaya pendidikan penuh selama 4 tahun. Beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswadengani nilai rata-rata minimal 80 (semester 1-5).

Baca Juga:

Universitas Bina Nusantara

Universitas Pelita Harapan

Universitas Telkom

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Surakarta

kupon

Related Posts