Universitas Andalas

Universitas Andalas (UNAND)

Profil dan Sejarah

Universitas Andalas, atau disingkat UNAND, merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada 23 Desember 1955 di Bukittinggi Sumatra barat. Universitas Andalas lahir dari keinginan masyarakat Sumatra Barat untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi. Keinginan tersebut sebenarnya sudah lama ada, tepatnya semenjak memasuki abad ke-20, tetapi harus beberapa kali tertunda karena keadaan yang tidak memungkinkan pada masa itu. Keinginan masyarakat Sumatra Barat untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi mulai terwujud pada tahun 1948 dengan didirikan 6 (enam) akademi di Bukittinggi. 6 (enam) Akademi tersebut meliputi, Akademi Pamong Praja, Akademi Pendidikan Jasmani, Akademi Bahasa Inggris, Akademi Kadet, dan Sekolah Inspektur Polisi.

Pada tahun selanjutnya, yaitu tahun 1949, pemerintah Indonesia berencana mendirikan beberapa fakultas di Pulau Sumatra, yaitu Fakultas Hukum di Padang, Fakultas Kedokteran di Medan, dan Fakultas Ekonomi di Palembang. Akan tetapi, hal tersebut harus tertunda karena berbagai keterbatasan yang ada. Setelah adanya penundaan ini, pada tanggal 17 Agustus 1951, Yayasan Sriwijaya berinisiatif untuk mendirikan Balai Perguruan Tinggi Hukum Pancasila (BPTHP) di Padang. Mengikuti langkah tersebut, pemerintah mendirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Batu Sangkar pada tanggal 23 Oktober 1954, Perguruan Tinggi Negeri Pertanian di Payakumbuh pada tanggal 30 November 1954, Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam di Bukittinggi pada tanggal 7 September 1955. Keempat fakultas tersebut diresmikan oleh Drs. Mohammad Hatta. Yayasan Sriwijaya kemudian menyerahkan BPTHP kepada Pemerintah Provinsi Sumatra Tengah dan BPTHP berubah menjadi Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat.

Kelima fakultas tersebut merupakan cikal bakal dari pendirian Universitas Andalas. Universitas Andalas di Bukittinggi pada tanggal 13 September 1956 oleh Wakil Presiden, Drs. Mohammad Hatta. Nama Andalas sendiri merujuk pada nama Pulau Sumatra, yang saat itu juga terkenal dengan Pulau Andalas. Andalas merupakan tanaman endemik atau tumbuhan yang hanya ada di Pulau Sumatra dan ditetapkan sebagai “Flora Maskot” Sumatra Barat.

Perjalanan Universitas Andalas setelah diresmikan tidak selalu mulus. Unand melalui berbagai rintangan masa Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) tahun 1958-1961. Periode tersebut dikatakan sebagai periode “pasang surut” Universitas Andalas. Pada periode tersebut, aset Unand yang berada di Kampus Payakumbuh, yaitu rumah dinas dan sebagian tanah diambil alih TNI Angkatan Darat dan menjadi markas salah satu batalyon infanteri 133/Yudha Sakti.

Saat keberadaan PRRI berakhir, Unand memulai kembali langkah untuk mengembangkan pendidikannya. Unand membuka kembali Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) setelah dipindahkan ke Padang pada tahun 1961. Setahun kemudian Unand juga membuka Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Pada 7 September 1957, Perguruan Tinggi Ekonomi dari Yayasan Perguruan Tinggi Pancasila bergabung dengan Unand. Selanjutnya, pada tanggal 9 Oktober 1963, Unand membuka Fakultas Peternakan pertama di Indonesia. Fakultas peternakan tersebut menjadi fakultas keenam Unand pada masa itu, setelah Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Pertanian, Kedokteran, Ilmu Pasti dan Ilmu Alam, dan Ekonomi. Sedangkan FKIP Unand telah berkembang menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dan sekarang berubah nama menjadi Universitas Negeri Padang (UNP).

Setelah pindah kampus ke Padang, Unand terus berusaha membenahi kampus secara menyeluruh, mulai dari organisasi, dosen, kepegawaian, kemahasiswaan, dan pembangunan fasilitas kampus. Setalah kampus utama di Padang, Unand juga membuka dua kampus lain untuk meningkatkan daya tampung dan memanfaatkan aset yang, yaitu Kampus II di Payakumbuh dan Kampus III di Dharmasraya. Kampus Payakumbuh Unand memulai kegiatan pada tahun 2009 dengan membuka dua program studi yang dinaungi oleh Fakultas Ekonomi, yaitu Prodi Ekonomi Pembangunan dan Manajemen. Kemudian ditambah Prodi Ilmu Peternakan pada tahun 2012. Sedangkan Kampus Dharmasraya Unand memulai kegiatan pada tahun 2012 dengan membuka Prodi Argoekoteknologi.

Perjuangan Universitas Andalas untuk terus mengembangkan pendidikannya membuahkan hasil yang manis. Sejak tahun 2016, Unand masuk ke dalam perguruan tinggi negeri cluster 1 dari Kemenristekdikti. Kemudian pada bulan November 2019, Universitas Andalas menempati peringkat keempat dari perguruan tinggi se-Indonesia dalam Evaluasi dan Klasterisasi Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian yang diluncurkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional. Unand juga telah melakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dan lembaga, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa perguruan tinggi dan lembaga yang telah melakukan kerja sama dengan Unand, yaitu Universitas Negeri Malang, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Universitas Sebelas Maret, Pusat Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Kesehatan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Tottori University, Toyohashi University of Technology, Universiti Malaysia Pahang, Distinct Legacy SDN BHD, dan Senmon Kyouiku Publishing Co., LTD. Saat ini Unand memiliki 15 fakultas, 1 program pascasarjana, 44 program studi sarjana, 41 program studi magister (S2), 13 program studi doktor (S3), 12 program pendidikan dokter spesialis, 5 Profesi, serta 4 program studi D3.

Visi, Misi, dan Tujuan

Universitas Andalas memiliki visi, misi, dan tujuan yang dijadikan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Visi Unand adalah “Menjadi Universitas Terkemuka dan Bermartabat pada Tahun 2028.”

Misi Unand antara lain:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi yang berkualitas, berkarakter, serta berkesinambungan;
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang inovatif untuk menunjang pembangunan dan pengembangan IPTEK serta meningkatkan publikasi ilmiah dan HAKI;
  3. Mendharmabaktikan IPTEK yang dikuasai kepada masyarakat;
  4. Menjalin jaringan kerja sama yang produktif dan berkelanjutan dengan kelembagaan pendidikan, pemerintahan dan dunia usaha di tingkat daerah, nasional, dan internasional;
  5. Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola yang baik (good university governance) sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan strategis;
  6. Mengembangkan usaha-usaha, baik dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, serta usaha lainnya yang berkaitan dengan core bisnis Unand yang dapat meningkatkan revenue.

Unand memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing global, mempunyai spirit kewirausahaan dan berkarakter;
  2. Meningkatkan dukungan untuk mahasiswa dalam rangka pemerataan dan perluasan akses pendidikan;
  3. Mengembangkan dan memanfaatkan iptek dan seni yang relevan dengan tujuan pembangunan nasional dan daerah melalui penyelenggaraan program studi, penelitian, pembinaan kelembagaan, serta pengembangan sumber daya akademik yang berdaya guna dan berhasil guna;
  4. Meningkatkan percepatan implementasi hasil penelitian kepada masyarakat dalam rangka transformasi ilmu pengetahuan;
  5. Mewujudkan masyarakat kampus yang handal dan profesional yang didukung oleh budaya ilmiah yang mengacu kepada prinsip-prinsip dasar yang dianut oleh Unand;
  6. Meningkatkan mutu pelayanan melalui penyediaan fasilitas, prasarana, sarana, dan teknologi sesuai dengan standar yang ditetapkan secara nasional dan internasional serta mewujudkan suasana akademik yang kondusif dan bermanfaat bagi masyarakat;
  7. Memperluas dan meningkatkan jaringan kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga pemerintahan/swasta di dalam dan luar negeri;
  8. Mengembangkan dan meningkatkan sumber pendapatan melalui kerja sama dan pengembangan unit usaha untuk mencapai visi dan misi yang ditetapkan.

Akreditasi Universitas Andalas (UNAND) : A

Universitas Andalas mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2018 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 327/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 4 Desember 2023.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Andalas (UNAND)

Fakultas Ekonomi

Fakultas Farmasi

Fakultas Hukum

Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Keperawatan

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Fakultas Pertanian

Fakultas Peternakan

Fakultas Teknik

Fakultas Teknologi Pertanian

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Teknologi Informasi

Pascasarjana

Biaya Kuliah di Universitas Andalas (UNAND)

Rincian biaya kuliah di Universitas Andalas dapat dilihat di sini.

Jurusan Favorit Saintek di Universitas Andalas (UNAND)

Pendidikan Dokter Gigi
Farmasi
Ilmu Keperawatan
Ilmu Kesehatan Masyarakat

Jurusan Favorit Soshum di Universitas Andalas (UNAND)

Akuntansi
Manajemen
Ilmu Hukum
Ilmu Administrasi Negara

Fasilitas Universitas Andalas (UNAND)

Universitas Andalas menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki Unand antara lain:

  1. Convention Hall
    Convention Hall merupakan ruangan yang dapat digunakan untuk berbagai acara kampus, seperti seminar, workshop, dan perayaan dies natalis. Tempat ini diresmikan pada 24 November 2012 oleh Prof. Dr. Ir Musliar Kasim MS, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia saat itu.
  2. Auditorium
    Auditorium merupakan ruangan yang biasa digunakan untuk kegiatan wisuda mahasiswa, seminar, workshop dan kegiatan lainnya. Gedung ini mampu menampung sekitar 2.500 orang.
  3. Asrama Mahasiswa
    Asrama mahasiswa merupakan fasilitas tempat tinggal yang dapat digunakan mahasiswa selama masa perkuliahan. Unand memiliki enam bangunan asrama pada tahun 2012. Asrama tersebut dilengkapi dengan beberapa fasilitas dasar, seperti masjid, kafetaria, ruang belajar, ruang televisi, pantry, mini market, dan fasilitas olahraga.
  4. Sarana Olahraga
    Unand menyediakan berbagai sarana olahraga untuk menunjang aktivitas atau kegiatan fisik mahasiswanya. Beberapa sarana olahraga yang dimiliki Unand, yaitu lapangan sepak bola, lapangan tenis, lapangan bola basket, lapangan bulu tangkis, lapangan bola voli, lapangan futsal, dan sarana panjat tebing.
  5. Transportasi
    Unand memiliki lokasi yang cukup jauh dari pusat kota Padang, yaitu ± 15 km. Karena itu, pada Februari 1992, Unand menyediakan transportasi yang dapat mengantar warga kampus dari kampus menuju Kapalo Koto dan Pasar Baru, atau sebaliknya. Sumber dana pengadaan bus kampus ini berasal dari berbagai pihak, mulai dari sumbangan presiden hingga sumbangan mahasiswa sendiri.
  6. Rumah Sakit Universitas
    Unand memiliki Rumah Sakit Universitas yang dapat digunakan sebagai tempat praktik mahasiswa. Rumah sakit ini memberikan pelayanan bagi mahasiswa maupun masyarakat umum. Website resmi Rumah Sakit Universitas Andalas dapat diakses di laman rsp.unand.ac.id.
  7. Rumah Sakit Gigi dan Mulut
    Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unand memberikan berbagai pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi mahasiswa maupun masyarakat umum.
  8. Bumi Perkemahan Mahasiswa dan Tempat Evakuasi Sementara (TES)
    Bumi Perkemahan Mahasiswa dan Tempat Evakuasi Sementara (TES) merupakan fasilitas untuk UKM Pramuka Unand yang terus mengadakan kegiatan tahunan dengan sebutan FIESTA. Tempat ini juga dapat dijadikan lokasi upacara bendera, tempat evakuasi bencana di kota Padang, dan berbagai kegiatan lainnya.
  9. Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)
    Sejak bulan Novermber 2001, Universitas Andalas telah memiliki gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri. Gedung ini menjadi tempat sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tingkat fakultas sampai BEM Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Andalas serta Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) fakultas sampai tingkat universitas.
  10. Sarana Ibadah
    Unand membangun sarana ibadah untuk mempermudah kegiatan ibadah warga kampusnya. Unand memiliki masjid dengan nama Masjid Nurul Ilmi. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga digunakan untuk kegiatan pengembangan rohani dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya. Selain itu, Unand juga memiliki Musala Jabal Rahmah atau sering disebut musala batu. Akses untuk menuju musala ini cukup jauh dan berat karena harus melintasi jalan tanah berbatu. Akan tetapi, musala ini tak pernah sepi dan menjadi tempat favorit mahasiswa karena memiliki suasana sejuk.
  11. Banking Center
    Unand memiliki Banking Center yang dapat memudahkan kegiatan transaksi perbankan mahasiswa dan karyawan Universitas. Banking Center Unand terdiri dari kantor cabang Bank Nagari, Bank Mandiri, dan Bank Mandiri Syariah (BSM).
  12. Gudang dan Pool Mobil
    Unand membangun gudang serta gedung pusat pemeliharaan dan penyimpanan untuk menata kampus agar lebih rapi dan nyaman. Tempat ini dibangun pada tahun 2014 untuk berbagai keperluan penyimpanan dan pemeliharaan aset. Gudang ini juga dilengkapi dengan beberapa garasi mobil pemadam kebakaran, bus operasional, truk, dan lainnya. Selain itu, terdapat tempat cuci kendaraan di sekitar gudang ini yang dapat dioperasikan secara komersial kepada umum sebagai unit usaha untuk mendatangkan pendapatan bagi Universitas Andalas.
  13. Padang Pengembalaan dan Pemeliharaan Sapi
    Tempat ini dikelola oleh Fakultas Peternakan Unand sebagai tempat praktikum mahasiswa. Padang gembalaan ditanami rumput gajah sebagai bahan makanan bagi ternak sapi. Tempat ini juga akan dijadikan sebagai tempat penitipan hewan ternak masyarakat yang masih berkeliaran di dalam lingkungan kampus.
  14. Pusat Pengelolaan Sampah Terpadu (PPSTP)
    Tempat ini dikelola dengan sistem yang dirancang oleh beberapa dosen dari Jurusan Teknik Lingkungan untuk mengoptimalkan nilai sampah serta menciptakan lingkungan sehat, bersih, dan masyarakat yang peduli pada lingkungan. Sampah yang selama ini dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Kota Padang dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai ekonomis serta untuk kepentingan pembuatan pupuk tanaman.

Beasiswa Universitas Andalas (UNAND)

Universitas Andalas menyediakan berbagai program beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Beasiswa ini berasal dari lembaga pemerintah maupun lembaga swasta. Beberapa beasiswa yang terdapat di Unand, yaitu Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Beasiswa Unggulan, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Bazis, Beasiswa Etos ID, Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE), Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Djarum, Beasiswa BNI Syariah, Beasiswa BCA, Beasiswa Tanoto Foundation, Beasiswa Van Deventer-Maas (VDMS), dan Beasiswa Kader Surau. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa di Unand dapat menghubungi layanan kemahasiswaan melalui e-mail kemahasiswaan@unand.ac.id atau akun Instagram @kemahasiswaanunandofficial.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Di mana lokasi kampus utama Universitas Andalas?

Kampus utama Unand berada di Limau Manis, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatra Barat.

Apa akreditasi Universitas Andalas?

Unand mendapatkan akreditasi “A” dari BAN-PT yang berlaku pada tahun 2018-2023.

Apa saja jurusan favorit di Universitas Andalas?

Lima jurusan favorit di Unand, yaitu Farmasi, Pendidikan Dokter, Peternakan, Ilmu Kesehatan Masyarakat dan ilmu Hukum.

kupon

Related Posts