SNMPTN

Tes SNMPTN – Memasuki tahun terakhir masa Sekolah Menengah Atas (SMA), setiap pelajar akan mulai memikirkan masa depannya. Sebagian ingin melanjutkan pendidikan ke universitas, beberapa ingin membuka usaha sendiri, tak sedikit juga yang ingin langsung bekerja.

Bagi pelajar yang ingin melanjutkan ke universitas, persiapan yang matang menjadi kunci untuk masuk ke Perguruan Tinggi impian. Mulai dari melatih penguasaan materi, latihan mengisi soal tes SNMPTN dan SBMPTN, hingga biaya, semuanya perlu dipikirkan.

Dari semua persiapan tersebut, tes masuk Perguruan Tinggi biasanya menjadi fokus utama. Sebab tes ini dapat menentukan nasib banyak pelajar, apakah akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi impian atau justru harus mengambil pilihan alternatif.

Hingga saat ini, ada dua jenis tes masuk Perguruan Tinggi yang bisa diikuti oleh pelajar. Pertama adalah tes untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti SNMPTN dan SBMPTN, dan yang kedua adalah tes mandiri untuk masuk ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Artikel ini akan membahas tentang tes SNMPTN yang harus dilewati oleh calon mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, jika kamu berencana mengikuti tes tersebut, simak informasi yang ada di bawah ini sampai selesai, ya!

Pengertian Tes SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yang bisa diikuti oleh siswa kelas 12 SMA sederajat di Indonesia. Tes ini menyeleksi siswa berdasarkan nilai raport dan juga prestasi non akademik selama masa belajar. Nantinya nilai-nilai tersebut diubah menjadi nilai tes ujian masuk.

Bagi kamu yang ingin mengikuti tes ini, harus mendaftarkan diri ke panitia SNMPTN dengan bantuan sekolah. Jadi sekolah–biasanya melalui guru BK–akan mendaftarkan kamu dan siswa-siswi lain yang telah mengumpulkan berkas persyaratan.

Perlu kamu tahu, jalur SNMPTN hanya bisa diikuti oleh siswa yang lulus di tahun yang sama dengan waktu pelaksanaan SNMPTN. Misalnya, SNMPTN tahun 2023 hanya bisa diikuti oleh siswa yang lulus tahun 2023 juga.

Kabar baiknya, jumlah kuota pendaftar untuk setiap sekolah tidak dibatasi. Ini berarti pihak sekolah bisa mendaftarkan semua murid yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur SNMPTN.

Namun, jumlah peserta yang diterima terbatas dan biasanya sudah ditentukan dari awal oleh pemerintah. Umumnya  jumlah peserta yang lolos ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya akreditasi sekolah.

Selain kuota peserta yang diterima, jumlah PTN yang bisa dipilih juga dibatasi sebanyak dua PTN saja. Terkait hal ini, ada ketentuan khusus yang perlu kamu ketahui, yaitu salah satu PTN wajib berlokasi di kota yang sama dengan sekolah asalmu.

Ketentuan ini tidak berlaku jika kamu hanya memilih satu PTN saja. Sementara itu, untuk jurusan, batas maksimalnya adalah dua program studi.

Jadi kamu bisa memilih dua prodi yang berbeda di satu PTN atau dua PTN dengan masing-masing satu prodi. Untuk itu, kamu harus memilih dengan hati-hati dan cermat, ya.

Apalagi setiap peserta SNMPTN yang sudah diterima tidak dapat mengikuti tes masuk PTN kedua yaitu tes SBMPTN. Selain itu, jika peserta yang diterima tidak mengambil prodi yang dipilihnya, sekolah peserta akan masuk dimasukkan ke daftar hitam oleh PTN yang dipilih.

Sekolah yang sudah masuk ke dalam daftar hitam tidak diperbolehkan mengikuti seleksi SNMPTN di Perguruan Tinggi Negeri tersebut.

Misalnya, kamu diterima di jurusan Psikologi UPI, tapi kamu tidak jadi mengambilnya karena suatu alasan, adik-adik tingkatmu tidak akan bisa mengikuti seleksi masuk ke UPI di tahun depan.

Sebagai informasi SNMPTN merupakan nama yang digunakan sejak tahun 2008, mulai tahun 2023 nama ini resmi diganti dengan SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Dalam tes ini, indikator yang digunakan adalah penilaian kampus, prestasi non akademik, dan juga kombinasi nilai rata-rata semua pelajaran.

Jadwal Tes SNMPTN

Jadwal tes SNMPTN setiap tahun nya berbeda-beda, tergantung panitia penyelenggara. Oleh karena itu, setiap siswa diharapkan mengikuti terus perkembangan informasi tentang jadwal tes ini. Adapun untuk jadwal tes SNMPTN pada tahun 2023 adalah sebagai berikut:

  • Pengumuman Kuota Sekolah (28 Desember 2022)
  • Penetapan Siswa Eligible (3 Januari – 8 Februari 2023)
  • Pengisian PDSS (9 Januari – 9 Februari 2023)
  • Pembuatan Akun SNPMB (16 Januari – 15 Februari 2023)
  • Pendaftaran SNBP (14 – 28 Februari 2023)
  • Pengumuman Hasil SNBP (28 maret 2023)

Alur pendaftaran SNMPTN

Alur pendaftaran SNMPTN, khususnya tahun 2023, dimulai dengan pengumuman kuota sekolah sesuai dengan jumlah siswa serta akreditasi sekolah. Setelah itu, proses dilanjutkan dengan registrasi akun SNPMB untuk sekolah lewat situs https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Selanjutnya, siswa yang akan mengikuti tes harus melakukan registrasi akun SNPMB melalui situs yang sama. Kemudian SNPMB akan memberikan informasi tentang jumlah siswa yang eligible sesuai dengan akreditasi sekolah.

Setelah informasi diterima oleh sekolah, pihak sekolah akan menentukan nama siswa yang akan mengikuti SNBP. Proses lalu berlanjut dengan pengisian PDSS nilai rapor siswa oleh sekolah.

Jika sudah selesai, siswa yang eligible dan sudah masuk di dalam PDSS harus melakukan pendaftaran SNBP. Kemudian siswa memilih program studi serta Perguruan Tinggi Negeri pilihannya.

Setelah itu, seleksi jalur SNBP akan dimulai berdasarkan kriteria dari masing-masing Perguruan Tinggi Negeri. Terakhir, panitia akan mengumumkan hasil seleksi dan peserta yang lolos harus melakukan daftar ulang sesuai dengan jadwal dari PTN yang dituju.

Cara Mendaftar Tes SNMPTN

Syarat SNMPTN

Sebelum siswa melakukan pendaftaran tes SNMPTN, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh siswa serta pihak sekolah terlebih dulu, yaitu:

Persyaratan Sekolah

  • SMA/SMK/MA yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Sekolah telah memenuhi ketentuan akreditasi yang ditentukan oleh panitia penyelenggara.
  • Sekolah harus menginput data siswa yang eligible di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Persyaratan Siswa

  • Siswa yang menjadi peserta SNMPTN adalah siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun penyelenggaraan SNMPTN
  • Memiliki prestasi akademik yang dapat memenuhi syarat dari PTN
  • Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
  • Nilai rapor dari semester 1 sampai 5 harus sudah diinput ke dalam PDSS
  • Bagi peserta yang memilih program studi olahraga dan seni wajib mengunggah portofolio.

Cara Daftar SNMPTN

1. Login melalui situs https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Siswa yang ingin mengikuti tes SNMPTN harus membuat akun dan login melalui situs https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Dengan catatan, siswa sudah mempunyai akun SNPMB permanen, nilainya telah diinput ke dalam PDSS oleh sekolah, dan lulusan tahun 2023.

2. Validasi data profil

Jika semua persyaratan telah dipenuhi, maka akan muncul halaman profil setelah login akun. Di sini, siswa harus memastikan bahwa semua data sudah benar. Setelah itu, siswa harus mengisi jumlah tanggungan orang tua.

3. Memilih program studi (prodi)

Untuk memilih program studi, klik pada menu “Pilihan” lalu pilih PTN atau Politeknik Negeri. Setelah itu, pilih Program Studi yang sesuai keinginan. Tak ada pembatasan pilihan prodi menurut jurusan, namun maksimal 2 prodi yang salah satunya berada di PTN yang satu provinsi dengan asal sekolah peserta. Jika siswa hanya memilih satu prodi, maka dapat memilih prodi di PTN mana saja. Setelah memilih program studi yang diinginkan, tekan pada bagian “Simpan semua pilihan”.

4. Mengisi portofolio

Portofolio hanya wajib diisi oleh siswa yang memilih program studi olahraga atau seni. Untuk melakukannya, pilih menu “Portofolio” kemudian unduh instruksi serta dokumentasi melalui aplikasi resmi.

Selanjutnya, unggah portofolio sesuai instruksi dengan ukuran file maksimal 100 MB. Setelah portofolio terunggah, unduh kembali untuk melakukan pengecekan. Proses ini sebaiknya dilakukan menggunakan komputer jauh sebelum penutupan pendaftaran SNBP untuk menghindari kegagalan.

5. Mengisi prestasi

Pengisian prestasi ini bersifat opsional, bagi siswa yang mempunyai prestasi dapat melakukannya lewat menu “Prestasi”. Di menu ini, siswa dapat mengunggah hingga 3 prestasi berupa PDF/JPG/PNG dengan ukuran maksimal 100 MB. Jangan lupa, tulis deskripsi yang representatif untuk memberikan keterangan pada panitia.

6. Finalisasi

Setelah semua proses sebelumnya selesai dilakukan, siswa harus membaca disclaimer dengan baik dan benar. Pasalnya setelah proses finalisasi, data dan prodi pilihan tidak bisa diganti lagi.

Selain itu, finalisasi hanya dapat dilakukan setelah siswa memilih prodi, mengisi jumlah tanggungan, dan mengunggah portofolio (bagi pemilih prodi olahraga dan seni). Jadi pastikan tiga hal ini telah dilakukan dengan benar.

Proses finalisasi perlu dilakukan agar siswa dapat mengunduh kartu registrasi. Jika tidak, maka siswa tidak akan mendapatkan kartu tersebut dan tidak bisa mengikuti tes SNMPTN.

Rekomendasi Buku Tes SNMPTN 2023 Terbaik

Setelah mengetahui informasi tentang tes SNMPTN, kamu bisa langsung mempersiapkan diri. Misalnya dengan berlatih soal melalui buku-buku bank soal. Nah, buku-buku di bawah ini dapat membantumu melatih kemampuan menyelesaikan soal. 

1. The King Bedah Tuntas TPS + B.Inggris SNBT 2023

The King Bedah Tuntas TPS + B. Inggris SNBT 2023 merupakan buku yang berisi materi tes skolastik serta literasi sehingga lebih lengkap. Akan tetapi, jumlah latihan soalnya lebih sedikit dibanding buku lainnya.

Meski begitu, semua materi yang ada di dalam buku sudah sesuai dengan Permen Kemendikbudristek Nomor 48 tahun 2022. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bonus berupa pembatas buku dan block note.

2. Top Rank Tes Skolastik SNBT 2023

Buku yang kedua, yaitu Top Rank Tes Skolastik SNBT 2023, berisi kisi-kisi Tes Skolastik SNBT 2023 sesuai dengan PERMENDIKBUDRISTEK Nomor 48 Tahun 2022. Mulai dari  Potensi Kognitif, Penalaran Matematika, Literasi dalam Bahasa Indonesia, hingga Literasi dalam Bahasa Inggris.

Selain itu, ada juga pembahasan tentang berbagai materi yang kamu butuhkan untuk menghadapi tes SNBT tahun 2023:

  • Pendalaman Materi Tes Skolastik, dilengkapi dengan Contoh Soal & Pembahasan
  • Bank Soal Tes Skolastik Terlengkap plus Pembahasan
  • 3 Paket Tryout Tes Skolastik + Pembahasan
  • 3 Paket Ebook Tryout Tes Skolastik + Pembahasan
  • Ribuan Bank Soal Tes Skolastik + Pembahasan
  • Berbagai Bonus Aplikasi & Tryout Online Pintar

3. Fast: Fokus & Siap UTBK-SNBT 2023

Fast: Fokus & Siap UTBK-SNBT 2023 adalah buku yang sudah dilengkapi dengan sub-tes jalur masuk SNBT 2023 terbaru sesuai dengan sosialisasi dari Kemendikbudristek. Lalu ada juga sub tes Tes Potensi Skolastik yang mencakup:

  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)
  • Penalaran Umum (PU)
  • Pengetahuan Kuantitatif (PK)
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)
  • Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Penalaran Matematika (PM)

Dengan mempelajari buku ini, kamu bisa akan semakin percaya diri dan yakin dalam menghadapi tes ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri.

4. Bank Soal UTBK SNBT TPS 2023

Kelebihan utama buku Bank Soal UTBK SNBT TPS 2023 ini adalah menyediakan e-book soal TOEFL dan TPS, serta fasilitas tryout daring. Dengan begitu, kamu bisa mempunyai banyak latihan soal UTBK. Apalagi soal yang dibuat sudah menggunakan sistem HOTS agar dapat memberikan gambaran mengenai soal tes yang akan kamu hadapi nantinya.

5. Top Spoiler SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) 2023

Seperti judul bukunya, Top Spoiler SNBT, materi yang ada di dalam buku ini penuh dengan latihan soal yang super lengkap. Ada soal tentang Penalaran Umum, Pengetahuan & Pemahaman Umum, Memahami Bacaan dan Menulis, Pengetahuan Kuantitatif, Literasi Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris, hingga Penalaran Matematika.

Kemudian, kamu akan mendapatkan bonus aplikasi serta tryout online nasional. Selain itu, kamu juga akan menemukan materi-materi penting lainnya seperti:

  • Materi Lengkap Tes Skolastik + Contoh Soal & Pembahasan
  • 4 Paket Soal Prediksi Tes Skolastik + Pembahasan
  • 3 Paket Tryout Tes Skolastik + Pembahasan
  • 3 Paket Simulasi Tes Skolastik + Pembahasan
  • Paket Soal Asli Tes Skolastik 2022 + Pembahasan

6. Kompeten SNBT & Seleksi Mandiri PTN Saintek dan Soshum

Buku yang keenam ini dapat menjadi solusi tepat bagi kamu yang ingin berlatih soal SNBT serta Seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri. Pasalnya, buku Kompeten SNBT & Seleksi Mandiri PTN Saintek dan Soshum ini dilengkapi dengan banyak latihan soal.

Mulai dari Tes Potensi Skolastik, Prediksi Soal Tes Potensi Skolastik, Prediksi Soal Matematika Dasar, Prediksi Soal Bahasa Indonesia, Prediksi Soal Bahasa Inggris, hingga Prediksi Soal TKA untuk Seleksi Mandiri PTN Saintek dan soshum 2023.

Selain itu, kamu juga akan menemukan berbagai tips dan trik untuk memahami soal dan mengerjakannya dengan lancar. Apalagi bahasa yang digunakan juga mudah dimengerti, sehingga kamu bisa belajar mandiri di rumah.

7. BTS – Bahas Tuntas Soal UTBK SNBT PTN Saintek dan Soshum

Rekomendasi buku tes SNMPTN terbaik yang terakhir adalah BTS – Bahas Tuntas Soal UTBK SNBT PTN Saintek ddan Soshum. Seperti namanya, buku ini dilengkapi dengan banyak sekali latihan soal UTBK SNBT PTN beserta penjelasannya.

Artinya, buku ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengasah kemampuan menghadapi berbagai jenis soal tes. Apalagi di dalamnya terdapat tujuh sub-tes SNBT, penalaran matematika, potensi kognitif, literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, memahami bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum, hingga penalaran umum.

Pokoknya semua jenis soal tes yang berhubungan dengan UTBK SNBT PTN, baik saintek maupun soshum, dibahas secara lengkap dan tuntas dalam buku ini. Ada juga informasi tentang SNBT, daftar materi, rangkuman, tips dan trik lolos SNBT.

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan paket tryout yang kamu dapatkan saat membeli buku ini. Dengan begitu, jika kamu belajar secara optimal, kamu akan lebih percaya diri dan yakin dalam mengerjakan soal tanpa mengikuti bimbel khusus yang harganya lumayan mahal.

Demikian pembahasan tes SNMPTN dan juga rekomendasi buku tes SNMPTN. Semoga pembahasan di atas dapat menginspirasi kalian, ya. Jika ingin mencari buku seputar tes masuk Perguruan Tinggi, maka kamu bisa mendapatkannya .

Baca Juga:

Universitas Negeri

Universitas Swasta

Universitas Terbuka

Jurusan Kuliah

Beasiswa

Info SNMPTN 2024

Info SNBP 2024