Kelebihan Mobil Offroad Terbaru Yang Sangat Canggih Tahun Ini Di Indonesia

Mobil Offroad sangat diminati bagi pecinta kegiatan petualangan. Mobil ini memang bisa digunakan berbagai medan jalan, paling ekstrem sekalipun. Apalagi Indonesia memang kaya akan kekayaan alam yang tidak jarang harus melewati pegunungan, bukit, sungai, dan lainnya.  https://colbyandpartners.com/

Kata offroad sendiri dapat diartikan sebagali di luar jalan. Secara lebih luas offroad juga diartikan sebagai kelengkapan dalam bentuk kelengkapan pada kendaraan yang didesain secara khusus supaya dapat melaju di permukaan jalan selain aspal. Karakteristik mobil offroad identik dengan rangka atau konstruksi mobil yang lebih kuat, besar, dan tangguh.

Kendati demikian, saat ini mobil offroad tidak melulu dijadikan kendaraan yang melaju di permukaan jalan selain jalan aspal. Sebab, sudah banyak yang menggunakan mobil offroad untuk mendukung mobilitas sehari-hari dan melaju di jalan aspal. Tertarik ingin beli mobil offroad? Yuk, intip spesifikasi dan harga mobil offroad di Indonesia.

Kelebihan Mobil Offroad

Untuk mendukung peruntukkannya tersebut, pabrik mobil membekali mobil offroad dengan sistem penggerak 4×4 ata 4 wheel drive (4wd). Selain sistem penggerak roda tersebut, ada banyak keunggulan mobil offroad dibandingkan mobil lain.

Memiliki akselerasi terbaik

Umumnya, mobil yang digunakan sehari-hari hanya dibekali sistem penggerak dua roda saja sehingga sulit melaju pada saat cuaca buruk atau suhu dingin. Namun, berbeda dengan mobil offroad yang dibekali sistem penggerak roda 4×4 yang membuat mobil ini mampu melakukan akselerasi pada kondisi medan jalan apa saja.

Bisa dijadikan mobil derek

Pada kondisi darurat di mana sulit mendapatkan fasilitas mobil derek, mobil offroad bisa jadi alternatif mobil derek untuk menarik mobil atau caravan yang mogok. Kita tetap bisa menarik mobil-mobil tersebut sekalipun melintas medan jalan yang basah, becek, berlumpur hingga medan jalan yang curam.

Potensi harga jual tinggi

Di beberapa negara, harga jual kembali mobil offroad terbilang cukup tinggi. Sebut saja seperti di Texas dan beberapa negara di Amerika yang memiliki cuaca dingin cukup ekstrem seperti di Colorado. Apabila kita menjual mobil offroad dengan harga kita maka tak jadi masalah dan tetap ada saja konsumen yang membeli.

Hal tersebut mungkin saja bisa terjadi di Indonesia khususnya pada daerah-daerah yang masih buruk kondisi infrastrukturnya seperti area pertambangan atau industri kehutanan di luar Jawa sehingga membutuhkan mobil offroad sebagai alat moda transportasi sehari-hari.

Deretan Mobil Offroad, Ahli Menaklukan Medan Ekstrem

Mobil offroad terbagi dalam dua jenis, ada yang SUV (Sport Utility Vehicle) dan Crossover SUV. Jenis mobil SUV paling cocok digunakan di jalanan beraspal, sedangkan jenis crossover bisa dengan mudah menerjang lumpur atau jalanan ekstrem. Jenis-jensi mobil offroad yang tangguh ini bisa menjadi pilihan bagi OtoFriends pecinta petualangan.

1. Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser adalah tipe mobil offroad yang juga sudah mendunia. Mobil ini pertama diluncurkan pada tahun 1980-an. Dibekali mesin DOHC 32 Valve V8 berkapasitas 5.7 liter, mobil ini terbilang tangguh di kelasnya. Selain itu sudah dilengkapi juga dengan dual independent variable valve timing with intelligent (VVT-i) dengan delapan silinder.

Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mobil ini adalah 381 tenaga kuda. Tidak heran mobil ini bisa berjalan lancar di segala medan ekstrem. Meskipun tangguh digunakan di jalanan bermedan ekstrem, mobil ini juga mempunyai tampilan yang elegan sehingga terlihat mewah saat berkendara di perkotaan.

2. Suzuki Jimny

Suzuki Jimny memiliki tampilan seperti mobil-mobil Jeep. Tampilan ini memberikan kesan tangguh. Mesinnya juga irit bahan bakar. Meskipun hanya dibekali mesin berkapasitas 800 cc, tetapi mobil ini sanggup menaklukan segala medan. Selain tangguh di medan ekstrem, Suzuki Jimny juga terlihat keren dan nyaman untuk dikendarai di jalanan aspal.

3. Chevrolet Colorado ZR2

Mobil offroad satu ini berjenis double cabin. Mobil ini dibekali ban Goodyear berukuran 31 inci dan suspensi Multimatic DSSV yang tangguh. Sehingga bisa menerjang segala medan jalan.

Dapur pacunya juga sudah dibekali dengan mesin Turbo Diesel 2.8 liter, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 181 horse power pada 3.400 rpm. Selain mesin diesel, Chevrolet Colorado juga tersedia dalam varian mesin bensin 2.500 cc.

4. Jeep Cherokee

Kalau berbicara Jeep, pasti sudah identik dengan mobil offroad. Mobil ini punya suspensi depan dan belakang independent. Jadi, berkendara di berbagai medan terasa lebih stabil.

Jeep Cherokee juga menggunakan sistem penggerak 4 roda (4WD atau 4×4) dengan dapur pacu 2.4 liter. Ini yang membuat mobil Chevrolet Cherokee bisa melewati medan ekstrim sekalipun.

Mobil ini tersedia dalam sistem transmisi otomatis 9 percepatan. Jadi, tenaga dan torsinya semakin besar. Selain itu, interior mobil ini juga terlihat mewah, elegan, dan canggih. Terdapat panoramic sunroof yang membuat kita bisa menikmati pemandangan langit dari dalam mobil.

5. Jeep Wrangler

Masih dari Jeep, model berikutnya adalah Jeep Wrangler Sport dan Wrangler Rubicon. Kedua tipe mobil ini punya kemampuan offroad yang mengagumkan.

Interiornya juga mewah. Kemampuan yang mumpuni ini karena dibekali mesin 3.0L V6 24-Valve VVT Engine yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 230 hp.

Sistem transmisi yang digunakan adalah transmisi otomatis dengan 5 percepatan. Fitur lainnya yang tersemat di mobil ini adalah ABS (Antilock Brake System) dan Brake Assist agar berkendara menjadi lebih aman.

6. Land Rover Range Rover

Mobil ini memang terkenal sebagai mobil aristokrat karena digunakan oleh keluarga kerajaan Inggris. Mobil ini memberi kesan mewah dari sisi eksterior dan interior.

Harganya di Indonesia melebihi Rp1 miliar. Mobil ini sudah menggunakan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD) yang membuat traksinya meningkat di segala kondisi. Berbagai varian Range Rover di antaranya adalah HSE, Evoque, Autobiography, sampai Velar.

7. Daihatsu Taft

Taft adalah singkatan dari Tough Almighty Four-wheel Touring. Mobil ini pernah sangat digemari masyarakat Indonesia. Mobil ini juga bertahan cukup lama dan mengalami regenerasi sejak 1974 – 2007.

Daihatsu Taft menggunakan sistem penggerak empat roda dan dibekali mesin diesel 4 silinder dengan kapasitas 2.530 cc. Di beberapa negara, mobil Taft juga dikenal sebagai Wildcat, Scat, atau Daihatsu Rugger.

8. Jeep CJ7

Kembali lagi ke mobil Jeep, kali ini kita akan membahas tentang Jeep CJ 8. mobil ini termasuk yang paling tangguh dan terbaik di kelas mobil offroad. Dibuat pada tahun 1976 untuk menggantikan Jeep CJ5. Ukuran wheelbasenya cukup besar. Fitur unggulannya adalah automatic all wheel drive system.

9. Nissan Armada

Nissan Armada adalah SUV keren dengan kemampuan offroad yang lebih baik dibandingkan dengan mobil Nissan lainnya. Interiornya didesain sangat mewah Dapur pacu mobil ini juga sudah dibekali dengan mesin 5.6 L Direct Injection Gasoline V5 dengan tenaga maksimal 390 horsepower. Sayangnya, mobil ini belum masuk pasar Indonesia.

10. Toyota 4Runner TRD Pro

Seperti namanya, 4Runner memang ditujukan untuk pengguna mobil yang suka berpetualang melewati medan berat. Ada 3 varian berbeda dari Toyota 4Runner TRD Pro ini, yaitu SR5, SR5 Premium, dan Limited.

Semua varian itu mengusung mesin 4 liter V6 dengan sistem penggerak 4 roda (4×4). Sistem transmisinya menggunakan transmisi matic dengan 5 percepatan. Adanya body-on-frame construction membuat durabilitas mobil ini sangat baik.

11. Mercedes-Benz G-Class

Ada juga mobil offroad dari Mercedes-Benz dengan nama Benz G-Class. Model terbaru mobil ini menggunakan teknologi canggih dan mesin tangguh. Mesin yang dipakai adalah tipe Turbo V8 4.0L. Dengan mesin ini, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 450 tenaga kuda. Mobil ini menggunakan sistem transmisi otomatis 7 percepatan.

12. Ford F-150 Raptor

Mobil offroad dari Ford memiliki desain yang sangat keren. Di bagian grille-nya menggunakan logo Ford. Mesin yang digunakan adalah twin-turbo intercooler 3.5L V6 EcoBoost. Untuk menerjang medan yang ekstrem, mobil ini sudah menggunakan sistem penggerak 4×4 dengan transmisi otomatis 10 percepatan. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan adalah 450 hp.

13. Isuzu D-Max

Isuzu D-Max merupakan salah satu mobil pick up yang memiliki kemampuan offroad karena dibekali dengan sistem penggerak 4wd yang dikombinasi dengan switch control. Harga mobil Isuzu D-Max mulai dari Rp360 juta sampai Rp460 juta.

Adapun spesifikasi mesin mobilnya sendiri Isuzu membekali mobil ini dengan mesin berkode 4jk1-TC HI yang dikawinkan dengan teknologi Common Rail Direct Injection (CRDi) berkapasitas mesin 2.5 cc sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 136 ps pada 3.400 rpm dan capaian torsi maksimal sebesar 32,6 kg pada 1.800-2.800 rpm.

14. Ford Super Duty

Ford Super Duty termasuk ke dalam mobil offroad terbaik yang dibekali mesin 6.25 L V8 sehingga menghasilkan torsi yang besar. Sayangnya, Ford enggan menjual mobil Ford Super Duty di Indonesia dan lebih memilih untuk menjual mobil Ford Ranger.

15. Toyota Fortuner

Toyota Fortuner menjadi mobil SUV paling populer di Indonesia. Jika OtoFriends merasakan sensasi mobil offroad pada mobil Fortuner maka sebaiknya membeli mobil Fortuner yang memiliki sistem penggerak roda 4×4. Namun harga Toyota Fortuner sendiri cukup mahal yakni mulai dari Rp700 jutaan.

Toyota membekali dua kapasitas mesin untuk mobil Fortuner 4×4 yakni mesin berkapasitas 2.4 L 2GD dan 2.8 L 1 GD. Untuk mesin 1GD-FTV, Toyota mengawinkan mesin tersebut dengan transmisi otomatis 6 percepatan dan Sport Sequential Switchmatic.

16. Mitsubishi Pajero Sport

Tak mau kalah dengan Fortuner, Mitsubishi melengkapi mobil Pajero Sportnya dengan sistem penggerak roda 4×4. Menariknya, tak hanya menyematkan sistem penggerak rodanya saja melainkan ada banyak penyegaran yang diberikan Mitsubishi terhadap mobil offroad andalan Mitsubishi ini.

Beberapa di antaranya adalah cruise control, sunroof, dan desain grille yang mengadopsi desain Dynamic Shield. Terdapa dua tipe mobil Pajero Sport dengan sistem penggerak 4×4 ini di antaranya ada tipe Dakar Ultimate dan GLX. Kedua tipe ini merupakan tipe mobil Pajero tertinggi.

Di bagian dapur pacunya sendiri Pajero Sport menggunakan mesin diesel 4N15 berkapasitas 2.4 L yang dikawinkan dengan VGT-Intercooler. Capaian torsi maksimalnya sebesar 429 Nm dan maksimal tenaga sebesar 181 Ps. Dengan kemewahan dan kelengkapan fitur yang dibekali Mitsubishi ini tak heran bila harga termurah dari Pajero Sportnya bisa mencapai lebih dari Rp550 jutaan.

17. Lamborghini Urus

Itu dia deretan 20 mobil offroad yang keren dan tangguh menggasak segala medan yang ekstrem sekalipun. Mana yang menjadi pilihan OtoFriends?

Jangan lupa lakukan servis mobil secara rutin di bengkel terdekat. Otoklix menyediakan 2.000+ bengkel se-Jabodetabek. Booking langsung via aplikasi, harganya transparan dan ada garansi 30 hari setelah pengerjaan.

kupon

Related Posts