Daftar Film Sangat Menyentuh Hati Dan Mengundang Air Mata Di Indonesia

Bunda, tidak ada pengalaman yang mampu menandingi kekuatan film-film sedih https://www.immigrationinfocanada.com/ dalam menguras air mata dan menggugah emosi. Kehadiran mereka dalam dunia perfilman telah memahami betapa pentingnya menjalin ikatan emosional dengan penonton, baik melalui kisah yang begitu mudah Bunda rasakan ataupun melalui perjalanan karakter yang mampu mengundang air mata. Film-film sedih Indonesia juga memegang peran khusus dalam hati.

Pasti ada film sedih Indonesia yang telah merajut hubungan yang kuat dalam benak Bunda hingga saat ini. Dalam momen-momen ketika Bunda membiarkan diri terbawa dalam alur cerita yang penuh emosi dalam film-film sedih, sebenarnya ada ilmu di baliknya.

Ketika menonton film sedih, hormon oksitosin, yang dikenal sebagai hormon kasih sayang, dilepaskan. Sebagaimana dikutip dari The Conversation, oksitosin meningkatkan rasa empati dan kasih sayang, dan inilah sebabnya Bunda merasa begitu dekat dengan film-film yang memiliki cerita sedih.

Di artikel ini, Bunda dapat merenung, merasa, dan meluapkan emosi Bunda sebebas-bebasnya, tanpa perlu merasa dihakimi oleh siapa pun melalui rekomendasi 25 film sedih Indonesia yang sudah dirangkum khusus untuk Bunda. Mulai dari yang sudah populer sejak lama hingga yang masih segar di dunia perfilman Indonesia, bersiaplah untuk perjalanan emosional yang mampu mengoyakkan hati Bunda.

5 rekomendasi film Indonesia sedih terbaru 2023

Di tahun 2023 ini, terdapat beberapa film sedih Indonesia yang sempat meramaikan industri perfilman Tanah Air. Dari film sekuel hingga film adaptasi dari film populer luar negeri, berikut adalah lima rekomendasi film sedih Indonesia yang rilis pada tahun 2023.

1. Bismillah Kunikahi Suamimu (2023)

Film sedih Indonesia 2023, Bismillah Kunikahi Suamimu (2023)/ Foto: MD Pictures

Bismillah Kunikahi Suamimu adalah film sedih Indonesia pertama di daftar ini yang disutradarai oleh Benni Setiawan. Diadaptasi dari novel Vyntiana Itari berjudul sama, cerita film ini mengikuti pasangan Malik dan Hanna, yang menghadapi kanker, sehingga meminta suaminya menikahi dokter Cathy.

Di bagian akhir-akhir film ini, terdapat beberapa momen menarik, menjadikannya film mengharukan yang patut Bunda saksikan.

  • Rating IMDb: 7.5/10
  • Genre: drama, romantis
  • Pemain utama: Mikha Tambayong, Syifa Hadju, Rizky Nazar, Refal Hady
  • Situs atau platform menonton: MAXStream

2. Kembang Api (2023)

Film sedih Indonesia 2023, Kembang Api (2023)/ Foto: Falcon

Kembang Api disutradarai oleh Herwin Novianto dan merupakan adaptasi langsung dari film Jepang, 3ft Ball & Souls. Film sedih Indonesia ini menampilkan empat individu dengan masalah masing-masing yang berkumpul untuk bunuh diri dengan meledakkan diri mereka menggunakan bola besar berisi kembang api. Namun, setiap ledakan membawa mereka kembali ke awal dalam sebuah time loop.

Kembang Api menuai apresiasi positif dari para kritikus dan penonton berkat penggambaran isu mental yang sederhana dan pengemasan cerita yang baik, Bunda. Meskipun latar tempat film ini hanyalah sebuah gudang kecil, akting para pemainnya dijamin akan menggugah emosi Bunda.

Apalagi, pesan film ini menekankan pentingnya memahami masalah, berbagi, dan menjalani hidup dengan makna yang dipercaya masing-masing.

  • Rating IMDb: 7.1/10
  • Genre: drama, kehidupan
  • Pemain utama: Marsha Timothy, Ringgo Agus Rahma, Donny Damara, Hanggini
  • Situs atau platform menonton: Netflix

3. Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang (2023)

Film Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang/ Foto: dok Visinema

Merupakan sekuel dari Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini yang sukser besar, Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Film ini mengisahkan perjuangan Aurora yang berkuliah di London, mengalami konflik cinta dengan Jem, dan ia yang mulai kehilangan kontak dengan keluarganya.

Film sedih Indonesia ini memperkenalkan konsep alur cerita non-linear yang menarik, meskipun bisa jadi alur demikian sedikit membingungkan bagi Bunda. Terlepas dari itu, film ini berhasil menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan penonton, dengan karakter-karakter yang relatable dan relevan di masa ini. Dapat dipastikan, Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang adalah sebuah kisah yang akan memikat hati Bunda dengan sentuhan dramatis yang intens.

  • Rating IMDb: 6.7/10
  • Genre: drama, keluarga, melodrama, kehidupan
  • Pemain utama: Sheila Dara Aisha, Jerome Kurnia, Lutesha, Rio Dewanto
  • Situs atau platform menonton: Netflix

4. Air Mata di Ujung Sajadah (2023)

Film sedih Indonesia 2023, Air Mata di Ujung Sajadah (2023)/ Foto: Beehave Pictures

Masih hangat-hangatnya dibicarakan, Air Mata di Ujung Sajadah adalah film sedih Indonesia terbaru yang disutradarai oleh Key Mangunsong dan telah berhasil menguras air mata para penonton selama penayangannya. Cerita film ini mengisahkan konflik emosional seputar Aqilla yang mengetahui bahwa anaknya masih hidup setelah diberitahu sebaliknya.

Dengan akting memukau dari para pemain, Air Mata di Ujung Sajadah berhasil menyajikan kisah yang mengharukan. Mengeksplorasi tema-tema seperti cinta, pengorbanan, dan makna sejati keluarga, bagi Bunda yang merupakan pecinta film-film sedih, film ini adalah tontonan yang patut dipertimbangkan.

  • Rating IMDb: 6.7/10
  • Genre: drama, keluarga
  • Pemain utama: Titi Kamal, Fedi Nuril, Citra Kirana, Jenny Rachman
  • Situs atau platform menonton: –

5. Hello Ghost (2023)

Film sedih Indonesia 2023, Hello Ghost (2023)/ Foto: Falcon

Hello Ghost merupakan sebuah film sedih Indonesia lainnya yang mengambil inspirasi langsung dari versi Korea-nya yang berjudul sama. Dikemas dengan apik oleh Indra Gunawan, film ini mengisahkan perjalanan Kresna setelah percobaan bunuh diri yang gagal, di mana ia memiliki kemampuan melihat empat hantu keluarga yang memiliki permintaan khusus kepadanya.

Walaupun mengikuti dasar cerita asli dengan modifikasi lokal, film ini memiliki momen akhir yang mengharukan, Bunda. Terlepas dari kritik dalam beberapa aspek, Hello Ghost masih bisa memberikan pengalaman emosional yang menghargai konteks masyarakat Indonesia.

  • Rating IMDb: 6.3/10
  • Genre: komedi, horor, keluarga, drama
  • Pemain utama: Onadio Leonardo, Enzy Storia, Indro Warkop, Tora Sudiro
  • Situs atau platform menonton: Netflix

5 film sedih Indonesia terbaik dengan rating tertinggi

Tentunya, terdapat beberapa film sedih Indonesia yang berhasil meraih rating tertinggi di IMDb, Bunda. Bagi Bunda yang ingin menonton film sedih Indonesia yang menjamin air mata bercucuran deras, berikut adalah lima film sedih Indonesia dengan rating tertinggi berdasarkan ulasan para penonton.

1. My Idiot Brother (2014)

Film sedih Indonesia terbaik, My Idiot Brother (2014)/ Foto: Film One Productions

Dirilis pada tahun 2014 lalu, My Idiot Brother bercerita tentang Angel, seorang remaja yang kesulitan menerima kakaknya, Hendra, yang memiliki keterbelakangan mental. Angel sering diejek teman-temannya, terutama oleh Agnes, yang bersaing mendapatkan hati Aji.

Setelah kecelakaan tragis di pesta ulang tahun, Aji mempertemukan kembali Angel dan Hendra. Film sedih Indonesia ini menyampaikan pesan tentang kasih sayang dalam keluarga.

Para penonton juga mengapresiasi peran para aktor dan pesan moral yang dibawa dalam film ini. My Idiot Brother adalah pilihan bagus untuk ditonton bersama keluarga Bunda.

  • Rating IMDb: 8.2/10
  • Genre: drama, keluarga
  • Pemain utama: Adila Fitri, Ali Mensan, Kimberly Ryder, Aaron Ashab, Donny Kesuma
  • Situs atau platform menonton: –

2. Siti (2014)

Film sedih Indonesia terbaik, Siti (2014)/ Foto: Fourcolours Film

Disutradarai oleh Eddie Cahyono, Siti menceritakan kehidupan penuh penderitaan Siti, seorang ibu muda yang harus menghidupi suaminya yang lumpuh, anaknya, dan ibu mertuanya setelah kecelakaan yang merenggut suaminya yang merupakan seorang nelayan. Setiap hari, Siti berjuang keras dengan menjual peyek jingking di siang hari dan menjadi pemandu karaoke di malam hari.

Film sedih Indonesia ini meraih apresiasi positif dari para kritikus berkat kesederhanaan penyampaiannya yang mampu dibalut tanpa perlu menyuguhkan drama yang berlebihan. Siti juga berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi di festival film Indonesia, Bunda. Hal ini berkat kemampuan sutradara menghadirkan potret hidup yang manusiawi dan emosional.

  • Rating IMDb: 7.5/10
  • Genre: drama, kehidupan
  • Pemain utama: Sekar Sari, Haydar Salishz, Ibnu Widodo, Bintang Timur Widodo
  • Situs atau platform menonton: –

3. Sang Penari (2011)

Film sedih Indonesia terbaik, Sang Penari (2011)/ Foto: Salto Films

Diadaptasi dari novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari, Sang Penari adalah sebuah film sedih Indonesia yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah Film ini mengisahkan kisah cinta tragis antara Rasus, seorang tentara dari desa miskin Dukuh Paruk, dan Srintil, seorang penari ronggeng. Film ini berlatar tahun 1960-an dengan latar belakang gejolak politik di Indonesia. Film berkualitas ini meraih pujian kritikus dan menyabet beberapa penghargaan, termasuk Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2011.

Menyentuh tema sejarah di Indonesia, Sang Penari menampilkan aspek budaya serta nilai-nilai Pancasila yang tentunya relevan hingga saat ini. Dengan cerita epik yang dijamin akan memukau Bunda, film ini menggambarkan kisah tragis yang tak terlupakan dan menjadi salah satu film sedih Indonesia yang patut ditonton oleh para penikmat film lokal.

  • Rating IMDb: 7.5/10
  • Genre: drama, romantis, sejarah
  • Pemain utama: Prisia Nasution, Oka Antara, Slamet Rahardjo, Dewi Irawan
  • Situs atau platform menonton: Netflix, Prime Video

4. Sabtu Bersama Bapak (2016)

Film sedih Indonesia terbaik, Sabtu Bersama Bapak (2016)/ Foto: Falcon

Digadang-gadang sebagai salah satu film sedih Indonesia terfavorit oleh para penonton, Sabtu Bersama Bapak adalah film yang diadaptasi dari novel Adhitya Mulya berjudul sama. Film ini mengisahkan Gunawan yang didiagnosis menderita kanker dan memutuskan untuk meninggalkan pesan-pesan untuk kedua anaknya, Satya dan Cakra, melalui sebuah home video. Setelah kepergian Gunawan, sang istri, Itje, mengawal pesan tersebut dengan setia, mengatur pertemuan mereka setiap Sabtu melalui rekaman-rekaman ayah mereka.

Meski banyak adegan sedih, Sabtu Bersama Bapak mampu memadukan elemen sedih dengan humor secara baik, Bunda. Dalam kisah ini, kuatnya ikatan antara ayah dan anak juga menjadi tema sentral. Dengan karakter yang kuat dan nuansa komedi yang menghibur, Sabtu Bersama Bapak adalah pilihan menarik untuk Bunda yang merupakan penggemar film-film lokal.

  • Rating IMDb: 7.4/10
  • Genre: drama, keluarga, kehidupan
  • Pemain utama: Abimana Aryasatya, Ira Wibowo, Arifin Putra, Deva Mahenra
  • Situs atau platform menonton: Netflix, Vidio

5. Yuni (2021)

Film sedih Indonesia terbaik, Yuni (2021)/ Foto: Fourcolour Films

Memiliki unsur feminisme yang lekat, Yuni adalah film yang disutradarai oleh Kamila Andini dan menceritakan kisah seorang siswi SMA cerdas bernama Yuni, yang menolak lamaran cinta dua kali karena lebih memprioritaskan pendidikan dan mimpi besar. Namun, mitos yang menghantui bahwa perempuan yang menolak lamaran lebih dari dua kali tidak akan menikah membuatnya terjebak dalam dilema.

Yuni meraih kesuksesan internasional dengan penghargaan di Festival Film Internasional Toronto, bahkan menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Oscar 2022 lalu. Film sedih Indonesia ini membahas isu-isu penting dari permasalahan-permasalahan yang menjamur Indonesia, seperti pernikahan di bawah umur, kebebasan perempuan, dan pendidikan seks.

Selain itu, Yuni juga menuai apresiasi kritik positif, dan akting memukau Arawinda Kirana sebagai peran utamanya menjadikan film ini dijamin mampu memikat perhatian Bunda dari awal hingga akhir.

  • Rating IMDb: 7.4/10
  • Genre: drama, romantis, remaja, kehidupan
  • Pemain utama: Arawinda Kirana, Kevin Ardilova, Dimas Aditya, Marissa Anita
  • Situs atau platform menonton: Disney+

5 film Indonesia sedih tentang keluarga, kisah ibunda atau ayah yang menyentuh hati

Tentunya, sebagai seorang istri maupun ibu, film sedih Indonesia yang mengungkit kisah kekeluargaan adalah peluru yang mampu langsung menohok hati Bunda. Berikut ini adalah film-film sedih Indonesia dengan kisah pahit-manis yang berfokus pada kehidupan keluarga.

1. Just Mom (2021)

Film sedih Indonesia tentang keluarga, Just Mom (2021)/ Foto: Dapur Film

Just Mom adalah mengisahkan kisah seorang bunda bernama Siti yang merasa kesepian karena anak-anaknya yang sibuk dengan urusan masing-masing sehingga jarang pulang. Siti menghadapi penyakit kanker yang melemahkan fisiknya, dan ia memutuskan untuk merawat Murni, seorang gelandangan dengan gangguan jiwa yang sedang hamil tua.

Film sedih Indonesia ini mampu menyentuh hati Bunda dengan pesan moral yang dibawakan tentang keluarga, kemanusiaan, dan etika. Akting para pemain, termasuk Christine Hakim dan Ayushita, berhasil menghadirkan karakter yang mendalam dan memukau, membuat Just Mom menjadi film yang mengharukan tentang bunda dan keluarga di tengah tantangan hidup.

  • Rating IMDb: 8.3/10
  • Genre: drama, keluarga
  • Pemain utama: Christine Hakim, Ayushita Nugraha, Ge Pamungkas, Niken Anjani
  • Situs atau platform menonton: Bioskop Online

2. Ngeri-Ngeri Sedap (2022)

Film sedih Indonesia tentang keluarga, Ngeri-Ngeri Sedap (2022)/ Foto: Imajinari

Ngeri-Ngeri Sedap adalah salah satu film sedih Indonesia yang sempat viral di TikTok, Bunda. Dirilis pada tahun 2022 dan disutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk, film ini mengisahkan keluarga Batak yang ingin menyatukan anak-anak mereka yang telah sukses di luar kota untuk sebuah pesta syukuran.

Konflik antara orang tua dan anak-anak dalam film ini menciptakan drama komedi yang menghibur dengan unsur budaya Batak yang kental. Para pemain utama, yang juga berdarah Batak, berhasil membentuk chemistry yang kuat dalam memainkan peran mereka.

Ngeri-Ngeri Sedap berhasil mencapai jumlah penonton yang mengesankan dan menyuguhkan pengalaman emosional dari tawa hingga haru. Lokasi pengambilan gambar di Danau Toba, Sumatra Utara, juga memberikan visual yang spektakuler. Ngeri-Ngeri Sedap menjadi film sedih Indonesia yang menghibur dan menghadirkan unsur budaya yang menarik.

  • Rating IMDb: 8.0/10
  • Genre: drama, keluarga, komedi
  • Pemain utama: Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir
  • Situs atau platform menonton: Netflix

3. Miracle in Cell No. 7 (2022)

Film sedih Indonesia tentang keluarga, Miracle in Cell No. 7 (2022)/ Foto: Falcon

Sempat membuat mayoritas penonton bioskop tersedu-sedu pada saat perilisannya, Miracle in Cell No. 7 adalah salah film sedih Indonesia terbaik yang mengadaptasi langsung dari film asal Korea Selatan berjudul sama. Disutradarai oleh sineas terkemuka Hanung Bramantyo, film ini menceritakan kisah Dodo Rozak, seorang penjual balon dengan keterbatasan mental yang salah dihukum atas tuduhan pembunuhan dan pelecehan seksual terhadap seorang anak.

Meskipun dirundung keterbatasan, Dodo berusaha menjadi ayah terbaik bagi putrinya, Ika Kartika. Miracle in Cell No. 7 berhasil mempertahankan esensi cerita aslinya dengan sentuhan budaya Indonesia yang sangat melokal.

Performa para pemeran utama yang memukau, humor yang ringan, dan pesan kuat tentang kasih sayang membuat film ini patut ditonton oleh penggemar film sedih Indonesia.

  • Rating IMDb: 7.7/10
  • Genre: drama, keluarga
  • Pemain utama: Vino G. Bastian, Graciella Abigail, Indro Warkop, Mawar de Jongh
  • Situs atau platform menonton: Prime Video

4. Keluarga Cemara (2018)

Film sedih Indonesia tentang keluarga, Keluarga Cemara (2018)/ Foto: Visinema

Berawal dari cerita bersambung, novel seri, sinetron, hingga menjadi film, Keluarga Cemara mengisahkan perjuangan keluarga yang kehilangan harta dan harus beradaptasi dengan kehidupan sederhana di desa. Dalam film sedih Indonesia ini, Abah dan Emak menghadapi berbagai masalah ekonomi dan perubahan gaya hidup. Film ini berhasil mengekspresikan pesan tentang pentingnya keluarga sebagai tempat perlindungan dan cinta sejati dalam situasi sulit.

Akting para pemainnya, termasuk pemain muda seperti Zara JKT48 dan Widuri Putri Sasono, juga sangat mengesankan, Bunda. Film ini menyajikan momen humor yang bisa membuat Bunda tersenyum. Sebagai film sedih yang memberikan pelajaran tentang nilai kekeluargaan, Keluarga Cemara dijamin akan menyentuh hati Bunda, menjadikannya film yang layak mendapatkan perhatian di Indonesia.

  • Rating IMDb: 7.7/10
  • Genre: drama, keluarga, kehidupan
  • Pemain utama: Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Zara JKT48, Ariyo Wahab
  • Situs atau platform menonton: Netflix

5. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (2020)

Film sedih Indonesia tentang keluarga, Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (2020)/ Foto: Visinema

Disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini diadaptasi dari novel karya Marchella FP. Cerita film ini mengikuti tiga kakak beradik, Angkasa, Aurora, dan Awan, dalam sebuah keluarga yang seolah-olah bahagia, Bunda.

Film ini berhasil menciptakan kedekatan dengan penonton, dengan adegan-emosi yang mampu menggugah perasaan. Selain versi film, film ini juga punya versi web series yang menjadi prolog cerita keluarga ini.

Film ini memberikan perspektif baru tentang kehidupan dan keluarga, menjadikannya rekomendasi menarik untuk Bunda tonton bersama keluarga. Dijamin,  film ini akan menghangatkan hati Bunda dengan kisah kekeluargaannya yang relevan di zaman modern ini.

  • Rating IMDb: 6.3/10
  • Genre: drama, keluarga, kehidupan
  • Pemain utama: Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara, Donny Damara
  • Situs atau platform menonton: Netflix

5 film bioskop Indonesia romantis dengan akhir kisah yang sedih

Seperti yang Bunda sudah ketahui, beberapa film sedih Indonesia berjalin langsung dengan genre romantis, salah satu genre paling populer di Tanah Air. Tentunya, ketika keduanya digabung, hadirlah sebuah karya yang dijamin akan membuat Bunda berkaca-kaca tanpa mengerjapkan mata sedetik pun dari layar. Berikut ini adalah beberapa film sedih Indonesia yang bergenre romantis.

1. Noktah Merah Perkawinan (2022)

Film sedih Indonesia bergenre romantis, Noktah Merah Perkawinan (2022)/ Foto: Rapi Films

Memiliki adegan yang terkenal di filmnya, Noktah Merah Perkawinan menghadirkan kisah cinta dan konflik dalam rumah tangga Ambar dan Gilang. Disutradarai oleh Sabrina Rochelle Kalangie, film ini merupakan adaptasi sinetron yang populer pada tahun 1996. Film sedih Indonesia ini menyoroti permasalahan pernikahan, menunjukkan bagaimana konflik memerlukan komitmen dari kedua belah pihak untuk diselesaikan.

Penampilan memukau dari para pemeran utama dan pendukung, serta palet warna yang menarik dan sinematografi yang stabil, membuat film ini dapat menyentuh banyak lapisan masyarakat. Noktah Merah Perkawinan adalah refleksi yang kuat tentang pernikahan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan pemahaman lebih dalam tentang hubungan bagi Bunda yang penasaran dengan konflik yang ditawarkan film ini.

  • Rating IMDb: 7.8/10
  • Genre: drama, romantis, melodrama
  • Pemain utama: Marsha Timothy, Oka Antara, Sheila Dara Aisha, Jaden Ocean
  • Situs atau platform menonton: Netflix

2. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013)

Film sedih Indonesia bergenre romantis, Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013)/ Foto: Soraya Intercine

Populer pada saat perilisannya berkat CGI yang mengesankan di film ini, Tenggelamnya Kapal Van der Wijck merupakan adaptasi dari novel Buya Hamka berjudul sama, Bunda. Film sedih Indonesia ini menceritakan kisah cinta tragis antara Zainuddin dan Hayati, yang terhalang oleh perbedaan sosial.

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck sangat direkomendasikan bagi Bunda yang merupakan penikmat film romantis Indonesia, apalagi karena penggambaran perjuangan hidup Zainuddin yang inspiratif.

  • Rating IMDb: 7.6/10
  • Genre: drama, romantis, sejarah
  • Pemain utama: Herjunot Ali, Pevita Pearce, Reza Rahadian, Randy Danishta
  • Situs atau platform menonton: Netflix

3. Habibie & Ainun (2012)

Film sedih Indonesia bergenre romantis, Habibie & Ainun (2012)/ Foto: MD Pictures

Viral pada saat perilisannya dan telah menghadirkan sekuel-sekuel lainnya, Habibie & Ainun adalah film yang mengangkat kisah cinta sejati antara mantan presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie, dan mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie. Film ini menceritakan perjalanan cinta Habibie, seorang ahli pesawat terbang, dan Ainun, seorang dokter muda cerdas. Mereka mengejar impian besar mereka bersama, menghadapi berbagai pengorbanan dan tantangan.

Habibie & Ainun juga memadukan elemen sejarah dengan baik, Bunda, menggambarkan perkembangan industri penerbangan di Indonesia dan peristiwa politik yang terjadi pada masa itu. Penampilan memukau Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari sebagai pemeran utama, serta penggarapan yang serius dari seluruh tim produksi, membuat Habibie & Ainun menjadi film inspiratif dan mengharukan, menjadikannya film yang mampu menyentuh hati Bunda.

  • Rating IMDb: 7.6/10
  • Genre: drama romantis, sejarah, biografi
  • Pemain utama: Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo
  • Situs atau platform menonton: Prime Video, Apple TV, Vidio, WeTV, BiliBili

4. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Film sedih Indonesia bergenre romantis, Ayat-Ayat Cinta (2008)/ Foto: MD Pictures

Populer pada masanya di antara kaum hawa, Ayat-Ayat Cinta disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diadaptasi dari novel Habiburrahman El Shirazy yang berjudul sama. Film sedih Indonesia ini mengisahkan kisah cinta pelajar Indonesia, Fahri, yang mengejar gelar masternya di Mesir sambil berhadapan dengan berbagai tantangan.

Cinta segitiga antara Fahri, Aisha, dan Maria menjadi fokus cerita yang mampu memukau Bunda. Bahkan, film ini berhasil meraih penghargaan MURI dengan jumlah penonton mencapai 3,6 juta orang lebih. Hingga saat ini, Ayat-Ayat Cinta masih bias menyentuh hati penonton dengan konflik emosional yang kuat, membuatnya menjadi salah satu film sedih Indonesia terbaik.

  • Rating IMDb: 6.9/10
  • Genre: drama, romantis, religi
  • Pemain utama: Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Melanie Putria
  • Situs atau platform menonton: Prime Video, Apple TV, WeTV

5. Heart (2006)

Film sedih Indonesia bergenre romantis, Heart (2006)/ Foto: MD Pictures

Terkenal sebagai film yang mampu mencampuraduk hati, Heart mengisahkan persahabatan antara Rachel dan Farel, yang berubah saat Farel mulai jatuh cinta pada Luna. Rachel, yang awalnya adalah seorang gadis tomboi, harus menghadapi perasaan cemburu dan perubahan yang menguji kesetiaannya saat Farel, sahabatnya yang jatuh cinta pada Luna.

Film sedih Indonesia ini menyoroti konflik batin Rachel, yang berusaha menjaga persahabatan dengan Farel sekaligus menyembunyikan perasaannya. Sinematografi yang indah dan pesan tentang cinta, persahabatan, dan pengorbanan menjadikan Heart sebagai sebuah pengalaman emosional yang mendalam bagi Bunda yang tertarik untuk menyaksikannya.

  • Rating IMDb: 6.6/10
  • Genre: drama, romantis
  • Pemain utama: Nirina Zubir, Irwansyah, Acha Septriasa, Ari Sihasale
  • Situs atau platform menonton: Netflix

5 film Indonesia sedih terbaik rating tertinggi yang tayang di Netflix

Sebagai salah satu platform streaming populer, beberapa film Tanah Air berhasil tayang di Netflix, Bunda. Berikut ini adalah lima tontonan film sedih Indonesia yang bisa Bunda saksikan di Netflix.

1. Rectoverso: Cinta yang Tak Terucap (2013)

Film sedih Indonesia di Netflix, Rectoverso: Cinta yang Tak Terucap (2013)/ Foto: Keana Production

Diadaptasi dari album musik Dewi Lestari, Rectoverso: Cinta yang Tak Terucap adalah film omnibus alias antologi yang terdiri dari lima cerita, masing-masing mengusung tema ‘cinta yang tak terucap’. Disutradarai oleh lima wanita berpengalaman, cerita pertama mengisahkan tentang cinta seorang penderita autis, sementara cerita kedua membawa penonton ke dalam firasat yang menghantui.

Cerita ketiga berfokus pada curhatan sahabat, yang disusun dengan tatanan cerita yang lugas. Di sisi lain, cerita keempat mengeksplorasi keintiman yang berubah menjadi kesulitan, dan cerita terakhir mengungkapkan perasaan yang tertahan dalam perjumpaan backpacker. Film sedih Indonesia ini akan memukau Bunda berkat akting emosional dan tata teknis kuat yang ditawarkan, menjadikannya salah satu film terbaik dalam sinema Indonesia.

  • Rating IMDb: 7.3/10
  • Genre: drama, romantis, antologi
  • Pemain utama: Lukman Sardi, Prisia Nasution, Hamish Dauh, Asmirandah
  • Situs atau platform menonton: Netflix

2. Surat Kecil untuk Tuhan (2017)

Film sedih Indonesia di Netflix, Surat Kecil untuk Tuhan (2017)/ Foto: Falcon

Disutradarai oleh Fajar Bustomi, Surat Kecil untuk Tuhan mengisahkan tentang kakak beradik yatim piatu, Anton dan Angel, yang terjebak dalam sindikat pengemis jalanan. Setelah terpisah selama 15 tahun, Angel tumbuh menjadi seorang pengacara sukses di Australia, namun tak pernah melupakan sang kakak yang hilang. Meskipun awalnya terasa kurang kuat, Surat Kecil untuk Tuhan menemukan ritme yang lebih baik saat memfokuskan pada kehidupan dewasa kedua karakter utamanya, Bunda.

Penampilan Bunga Citra Lestari, Joe Taslim, dan para pemeran pendukung lainnya juga memperkuat kualitas film ini. Tentunya, Surat Kecil untuk Tuhan adalah sebuah film yang mampu menggugah emosi Bunda dan menghadirkan pesan moral yang mendalam dan penuh haru, membuatnya layak ditonton bagi Bunda yang cinta dengan film sedih Indonesia.

  • Rating IMDb: 6.9/10
  • Genre: drama, kehidupan, remaja
  • Pemain utama: Bunga Citra Lestari, Joe Taslim, Bima Azriel, Lukman Sardi, Aura Kasih
  • Situs atau platform menonton: Netflix, Vidio

3. Hafalan Shalat Delisa (2011)

Film sedih Indonesia di Netflix, Hafalan Shalat Delisa (2011)/ Foto: Falcon

Diangkat dari novel berjudul sama karya novelis terkemuka Tere Liye, Hafalan Shalat Delisa mengisahkan Delisa, seorang gadis kecil dari Aceh, yang selamat dari bencana tsunami pada 2004, namun harus kehilangan ibundanya, kakak-kakaknya, dan kakinya.

Film ini dinilai berhasil menampilkan efek khusus yang menggambarkan tsunami secara realistis, dan akting para pemeran di film ini juga memikat. Oleh karena itu, Hafalan Shalat Delisa adalah salah satu film sedih Indonesia yang dijamin akan menyentuh hati Bunda.

  • Rating IMDb: 6.7/10
  • Genre: drama, religi, kehidupan
  • Pemain utama: Chantiq Schagerl, Reza Rahadian, Nirina Zubir, Ghina Salsabila
  • Situs atau platform menonton: Netflix

4. Hati Suhita (2023)

Film sedih Indonesia di Netflix, Hati Suhita (2023)/ Foto: Starvision

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Khilma Anis, Hati Suhita mengisahkan kisah Alina Suhita, seorang penghafal Al-Qur’an yang dijodohkan dengan Gus Birru, putra pemilik pesantren. Namun, malam pernikahannya mengungkapkan bahwa Gus Birru masih mencintai mantannya, Ratna Rengganis, dan Alina berjuang untuk merebut hatinya.

Disutradarai oleh Archie Hekagery, film sedih Indonesia ini menghindari klise cinta segitiga dan menonjolkan dialog alami. Oleh karena itu, Hati Suhita adalah film yang masih bisa direkomendasikan kepada Bunda karena film ini berhasil menyajikan cerita yang kuat dan akting yang mengesankan.

  • Rating IMDb: 6.8/10
  • Genre: drama, romantis
  • Pemain utama: Nadya Arina, Omar Dainel, Anggika Bölsterli, Ibrahim Risyad
  • Situs atau platform menonton: Netflix

5. Layla Majnun (2021)

Film sedih Indonesia di Netflix, Layla Majnun (2021)/ Foto: Netflix

Tayang perdana di Netflix sejak Februari 2021 lalu, Layla Majnun disutradarai oleh Monty Tiwa dan terinspirasi dari kisah cinta legendaris Layla dan Majnun yang diciptakan oleh sastrawan Azerbaijan, Nizami Ganjavi. Film ini mengisahkan Layla, seorang dosen religius, cantik, dan cerdas, yang dijodohkan dengan seorang pria kaya bernama Ibnu sebelum pergi mengajar mimpinya menjadi dosen di Azerbaijan. Di sana, ia bertemu dengan Samir, salah satu mahasiswanya, yang memicu cinta terlarang.

Meskipun film ini memiliki dialog puitis dan pemandangan Azerbaijan yang mampu memanjakan mata Bunda, pengenalan karakter yang lambat dan kurangnya eksplorasi karakter Ibnu mampu membuat Bunda merasa kurang terhubung. Terlepas dari itu, kata-kata puitis dan pemandangan eksotis membuat film sedih Indonesia ini layak untuk  Bunda nikmati bagi Bunda yang mencari pengalaman sedih dengan nuansa petualangan romantis yang dibalut dengan kisah ironi.

  • Rating IMDb: 6.1/10
  • Genre: drama, romantis
  • Pemain utama: Acha Septriasa, Reza Rahadian, Baim Wong, Dian Nimati
  • Situs atau platform menonton: Netflix

kupon

Related Posts