Beasiswa S2

Cara Daftar Beasiswa LPDP S2 untuk Persiapan Tahun 2024

Cara pendaftaran beasiswa LPDP S2 merupakan informasi penting bagi mahasiswa yang berencana mendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2024. Berdasarkan pengalaman pendaftaran beasiswa LPDP pada tahun-tahun sebelumnya, seperti LPDP 2022 dan LPDP 2023, pendaftaran untuk LPDP 2024 diperkirakan akan dibuka pada bulan Januari atau Februari. Oleh karena itu, pemahaman mengenai proses pendaftaran beasiswa LPDP S2 sangat relevan untuk mereka yang ingin menempuh studi S2 secara gratis di dalam maupun di luar negeri menggunakan beasiswa LPDP 2024.

Cara Daftar Beasiswa LPDP S2

Jika Anda berminat untuk menempuh studi S2 di dalam negeri atau luar negeri dengan beasiswa LPDP 2024, pilihlah kategori beasiswa reguler LPDP. Setelah mendaftar beasiswa LPDP 2024, Anda akan melalui tiga tahap seleksi, yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Bakat Skolastik, dan Seleksi Substansi. Berikut adalah langkah-langkah cara daftar beasiswa LPDP S2 yang perlu diperhatikan:

  1. Kunjungi laman pendaftaran https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

  2. Klik pada bagian “Beasiswa LPDP” dan pilih opsi “Belum punya akun? Buat akun disini” bagi yang belum memiliki akun.

  3. Setelah muncul informasi, klik “OK”.

  4. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar dan sesuai.

  5. Setelah selesai mengisi formulir, klik ‘Buat Akun’. Pastikan setiap pendaftar hanya memiliki satu akun untuk menghindari verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang hanya dapat digunakan pada satu akun.

Persyaratan Umum Beasiswa LPDP S2

Sebagai persiapan untuk mendaftar beasiswa LPDP S2, berikut adalah persyaratan umum yang perlu diperhatikan:

  1. Warga Negara Indonesia.

  2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor.

  3. Pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor wajib memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan dan memenuhi kriteria pendaftar program beasiswa Doktor (S3).

  4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak dapat mendaftar pada program beasiswa magister, begitu juga dengan yang menyelesaikan studi doktor (S3).

  5. Bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri, lampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan atau Kementerian Agama.

  6. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister atau doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

  7. Tidak sedang mendaftar atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.

  8. Pendaftar yang pernah menempuh studi namun tidak menyelesaikan studi pada program magister atau doktor dapat mendaftar kembali di jenjang studi yang sama.

  9. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi.

  10. Melampirkan surat rekomendasi sesuai persyaratan masing-masing program, paling lama 1 (satu) tahun di bulan yang sama dengan waktu pendaftaran beasiswa.

  11. Bagi pendaftar berstatus PNS, CPNS, prajurit TNI, atau anggota POLRI, lampirkan surat usulan dari pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada instansi masing-masing.

  12. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.

  13. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan masing-masing program beasiswa.

  14. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler atau kelas yang ditetapkan oleh LPDP.

  15. Menyetujui surat pernyataan yang disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP.

  16. Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan pada aplikasi pendaftaran.

  17. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.

  18. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.

  19. Jika pendaftar memiliki publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi, sampaikan informasi tersebut pada aplikasi pendaftaran.

Demikianlah panduan pendaftaran beasiswa LPDP S2 yang perlu dipahami oleh mahasiswa. Persiapkan diri Anda dengan mengetahui syarat-syarat mendaftar beasiswa LPDP 2024 menjelang pembukaan pendaftaran yang diperkirakan pada awal tahun mendatang.

Baca Juga:

Beasiswa S1

kupon

Related Posts