Beasiswa S1

Para pencari beasiswa, harap bersiap, ya! Sesaat lagi, kamu akan membaca informasi menarik tentang macam-macam beasiswa S1 di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menunjang masa depanmu. Kalau kamu ingin tahu informasi mengenai beasiswa dalam negeri S1, maupun beasiswa luar negeri S1, langsung saja simak pembahasan di bawah ini, yuk!

Beasiswa Kemenag x LPDP

Beasiswa yang satu ini merupakan program kolaborasi antara Kemenag (Kementerian Agama) dan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), bernama Beasiswa S1 Reguler Dalam Negeri. Beasiswa ini adalah beasiswa penuh yang diperuntukkan bagi lulusan Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Mu’adalah/Pendidikan Kesetaraan pada Pesantren Salafiyah/SMA/SMK pada Pondok Pesantren untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 pada perguruan tinggi di dalam negeri.

Persyaratan untuk mengikuti beasiswa ini, yaitu:

  1. Memiliki ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar pada jenjang pendidikan menengah (Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Mu’adalah/Pendidikan Kesetaraan pada Pesantren Salafiyah/SMA/SMK pada Pondok Pesantren) dan sederajat.
  2. Belum memiliki ijazah S1 dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri.
  3. Menulis esai yang menjelaskan profil diri, motivasi, dan rencana kontribusi terhadap masyarakat (ditulis dalam bahasa Indonesia dengan panjang 1.000-1.500 kata).
  4. Memiliki skor TOEFL/IELTS/TOAFL sekurang-kurangnya 450 (2 tahun terakhir) yang dikeluarkan oleh ETS atau Pusat Bahasa PTKIN (untuk TOEFL), Cambridge (untuk IELTS), dan Pusat Bahasa PTKIN (untuk TOAFL) dengan masa berlaku sertifikat maksimal 2 tahun sejak diterbitkan.
  5. Telah diterima sebagai mahasiswa semester 1 tahun akademik 2022/2023 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri yang telah bekerjasama dengan Kementerian Agama (Daftar Program Studi dan Perguruan Tinggi terlampir).
  6. Prioritas pendaftar yang berasal dari: daerah terdepan, terluar, dan tertinggal; orang asli Papua; anak pekerja migran Indonesia; latar belakang keluarga pra-sejahtera; korban konflik; korban bencana alam; dan penyandang disabilitas.

Untuk kamu yang memenuhi syarat-syarat tersebut, cus langsung daftarkan dirimu pada beasiswa ini, ya!

Beasiswa BCA

Next, ada beasiswa BCA yang merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh Bank BCA. Beasiswa BCA ditujukan kepada siswa lulusan SMA/SMK/sederajat yang berprestasi. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) yang diselenggarakan oleh BCA.

Beberapa keuntungan dan fasilitas yang bisa kamu dapatkan melalui beasiswa BCA, antara lain:

  • Buku pelajaran yang tersedia selama program
  • Laptop gratis untuk siswa yang lolos Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI)
  • Bebas biaya pendidikan
  • Uang saku bulanan
  • Kesempatan magang dan kerja di unit BCA
  • Asrama, bus, dan makan siang

Menarik sekali, bukan? Kalau kamu tertarik ingin mendaftar beasiswa BCA, kamu bisa cek info lengkapnya di laman resmi beasiswa BCA, ya!

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Selanjutnya, yaitu Beasiswa Pendidikan Indonesia atau BPI. BPI merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Indonesia melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik). Beasiswa ini tersedia untuk jenjang S1, S2, maupun S3. Selain itu, beasiswa BPI juga terdiri atas program beasiswa bergelar (degree) dan non-gelar (non-degree).

Beasiswa ini tersedia untuk pilihan perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri, lho. Bagi kamu yang merupakan calon guru SMK, siswa berprestasi, guru, pelaku budaya, atau pun dosen, bisa turut serta mendaftar beasiswa yang satu ini.

Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa pertama yang perlu kamu tahu adalah beasiswa Tanoto Foundation atau yang juga disebut program TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan). Program TELADAN adalah salah satu inisiatif dari Tanoto Foundation dalam rangka membantu membangun generasi unggul dan para pemimpin masa depan yang tangguh, agar dapat berkontribusi membawa dampak positif bagi Indonesia.

Dalam program ini, Tanoto Foundation memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan kepemimpinan berjenjang dan terstruktur; pengembangan diri hingga tingkat global; serta pengabdian masyarakat dengan disertai berbagai sarana kolaborasi dan jejaring. Selain itu, Tanoto Foundation juga memberikan dukungan berupa biaya kuliah dan tunjangan biaya hidup.

Bagi kamu mahasiswa semester pertama di sembilan perguruan tinggi mitra program TELADAN, yang memiliki prestasi di berbagai bidang, pengalaman organisasi, serta menunjukkan potensi kepemimpinan dapat mendaftarkan diri pada program TELADAN. Sembilan perguruan tinggi mitra program TELADAN tersebut yaitu:

  • IPB University
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Andalas
  • Universitas Riau
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Gadjah Mada
  • Institut Teknologi Bandung

Nah, kalau kamu berkuliah di salah satu dari sembilan perguruan tinggi tersebut, yuk segera daftar beasiswa TELADAN Tanoto Foundation!

Beasiswa Bakti Tani

Berikutnya, ada program beasiswa Bakti Tani, yang merupakan beasiswa oleh Tani Foundation dan Yayasan Khouw Kalbe. Bagi siswa SMA/SMK sederajat dan mahasiswa S1 yang ingin memajukan bidang pertanian di daerah asalnya, bisa coba daftar beasiswa Bakti Tani ini, nih!

Pemegang beasiswa Bakti Tani akan mendapatkan bantuan dana pendidikan sebesar maksimal Rp6.000.000,- per semester hingga lulus. Dana bantuan ini akan disalurkan melalui perguruan tinggi penerima beasiswa.

Selain itu, pemegang beasiswa Bakti Tani juga akan mendapat benefit lainnya, yakni sebagai berikut:

  • Ikut serta dalam program pengembangan diri (pengetahuan dan keterampilan) mengenai sektor pertanian.
  • Menjadi promotor bidang pertanian di lingkungan setempat melalui praktik atau kemitraan dengan TaniHub Group.
  • Berjejaring dengan anak muda yang memiliki minat di sektor pertanian.

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan di bidang pertanian, nggak ada salahnya lho, jika kamu coba daftar beasiswa Bakti Tani ini!

Beasiswa Telkom University

Panggilan kepada siswa yang ingin berkuliah di Telkom University, ternyata kamu bisa kuliah di sini dengan gratis, lho! Caranya adalah dengan mendaftar program beasiswa Telkom University.

Beasiswa Telkom University diperuntukkan bagi siswa lulusan SMA/SMK sederajat di seluruh Indonesia. Program ini merupakan jalur seleksi dengan tes online yang menyediakan berbagai beasiswa bagi siswa yang berhasil lolos seleksi masuk Telkom University.

Adapun skema beasiswa yang ditawarkan antara lain:

  • Beasiswa Unggulan —> memberikan pendidikan gratis hingga lulus dengan syarat dan ketentuan tertentu.
  • Beasiswa Pintar —> memberikan potongan biaya pendidikan.

Ketika mendaftar program beasiswa ini, peserta diwajibkan untuk membeli PIN pendaftaran seharga Rp200.000,-. Dengan PIN ini, nantinya peserta bisa memilih hingga lima jurusan di Telkom University.

Beasiswa Pertamina Foundation

Pertamina Foundation melalui PFprestasi memiliki program bertajuk beasiswa Sobat Bumi yang diadakan setiap tahunnya. PFprestasi adalah salah satu bentuk komitmen PT. Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia menuju Indonesia maju dan sejahtera. Selain itu, juga memberi bekal kepada generasi muda dalam menghadapi persaingan global yang kompetitif dalam kreativitas, inovasi, dan teknologi.

Salah satu bentuk dukungannya adalah memajukan kualitas di bidang pendidikan, dengan memberikan beasiswa Sobat Bumi bagi putra-putri terbaik di seluruh Indonesia. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi ini diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Beasiswa ini dibagi menjadi empat kategori, yakni:

  • Beasiswa Pertamina Sobat Bumi S1 Reguler
  • Beasiswa Pertamina Afirmasi
  • Beasiswa Pertamina Vokasi
  • Beasiswa Pertamina Peduli

Bagi kamu yang tertarik ingin mendaftar beasiswa ini, kamu bisa cek syarat dan ketentuan dari masing-masing kategori beasiswa di website resmi Beasiswa Sobat Bumi.

Beasiswa Bank Indonesia

Lanjut, ada beasiswa yang juga terkenal di kalangan pencari beasiswa, yaitu beasiswa Bank Indonesia. Para mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia disebut dengan komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI). Komunitas ini berada di bawah naungan Bank Indonesia.

Program beasiswa Bank Indonesia ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu beasiswa untuk PTN, PTS, dan Politeknik. Melalui beasiswa ini, BI akan memberikan bantuan berupa biaya pendidikan, tunjangan studi, dan juga biaya hidup.

Setiap kategori memiliki persyaratan dan ketentuannya masing-masing. Kalau kamu ingin mendaftar beasiswa ini, pastikan untuk mengecek infonya di laman Beasiswa Bank Indonesia sesuai kategori yang ingin kamu pilih, ya!

Beasiswa Tokopedia

Tokopedia juga memiliki program beasiswa yang bisa kamu ikuti, nih! Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang menduduki semester 5. Bagi kamu mahasiswa semester 5 yang berkuliah di 25 kampus mitra Beasiswa Tokopedia, bisa coba daftar beasiswa ini, ya!

Peserta yang lolos beasiswa Tokopedia akan mendapatkan bantuan berupa:

  • Biaya perkuliahan selama 2 semester
  • Uang buku selama 2 semester senilai Rp1.000.000,- per semester
  • Biaya penunjang pendidikan (uang saku) selama 1 tahun senilai Rp3.000.000,- per bulan
  • Biaya wisuda
  • Kesempatan magang di Tokopedia

Menarik banget, kan? Kalau kamu mahasiswa semester 5 yang sedang mencari beasiswa, yuk segera daftarian dirimu di Beasiswa Tokopedia!

Beasiswa Sinarmas

Last but not least, ada beasiswa Sinarmas Agribusiness and Food yang bekerja sama dengan Institut Sains dan Teknologi Bandung (ITSB). ITSB sendiri merupakan perguruan tinggi swasta milik Sinarmas Group. Untuk menyelenggarakan program pendidikan ini, ITSB juga didukung oleh Institut Teknologi Bandung (ITB).

Saat ini, ITSB menawarkan program beasiswa kuliah (D3) bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin belajar di jurusan Agribisnis. Cakupan beasiswa yang akan diberikan, antara lain:

  • Biaya pendidikan penuh
  • Biaya hidup setiap semester untuk 10 orang terbaik di setiap semester
  • Magang di lokasi perkebunan milik Sinar Mas Agribusiness and Food
  • Kesempatan kerja di Sinar Mas Agribusiness and Food setelah lulus

Beasiswa ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Program SMART Mills, Program SMART Agro, dan Program Jalur Prestasi. Masing-masing kategori memiliki syarat dan ketentuan tersendiri yang bisa kamu cek di laman resmi beasiswa Sinarmas. Nah, buat kamu yang tertarik berkuliah di bidang Agribusiness and Food, kamu bisa banget mendaftarkan dirimu di beasiswa Sinarmas ini.

Sekian artikel mengenai macam-macam beasiswa S1 di Indonesia yang perlu kamu tahu. Beberapa persyaratan beasiswa biasanya berupa nilai rapor atau berhasil masuk ke PTN tertentu. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri sejak awal nih.

Dengan , kamu bisa belajar untuk masuk ke jurusan favorit sampai sekolah kedinasan. Didukung oleh metode belajar yang modern, lengkap, dan internsif, pastinya bantu kamu meraih beasiswa impian!

Baca Juga:

Beasiswa S2

kupon

Related Posts